Penghayat Kepercayaan di Klaten Bisa Ubah Kolom Agama

Chandra Iswinarno
Penghayat Kepercayaan di Klaten Bisa Ubah Kolom Agama
Contoh pengisian e-KTP untuk penduduk yang agamanya belum diakui atau penghayat kepercayaan. (Suara.com/Fakhri Fuadi)

Sri Hartanto mengemukakan pelayanan pengubahan data kolom agama untuk penghayat aliran kepercayaan dilakukan setelah ada sosialisasi dari Kemendagri.

Suara.com - Penghayat kepercayaan yang berada di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mulai Februari 2019 sudah bisa mengganti kolom agama dengan tulisan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Kebijakan tersebut bisa dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Klaten.

"Kami sudah mengeksekusi pengubahan data pada kolom agama tersebut. Sudah ada beberapa yang melakukan pengubahan. Untuk jumlah persisnya saya kurang tahu,” kata Kabid Pendaftaran Kependudukan Disdukcapil Klaten, Sri Hartanto seperti dilansir Solo Pos - jaringan Suara.com, baru-baru ini.

Sri mengemukakan pelayanan pengubahan data kolom agama untuk penghayat aliran kepercayaan dilakukan setelah ada sosialisasi dari Kemendagri.

Kemudian pada tingkat provinsi, sudah digelar sosialisasi kepada perwakilan Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia (MLKI) dari kabupaten/kota di Jawa Tengah.

"MLKI ada di 26 kabupaten/kota termasuk Klaten. Namun, angka pasti penghayat kepercayaan di Klaten kami tidak tahu persis. Tidak terlalu banyak. Selama ini untuk penganut aliran kepercayaan rata-rata pada kolom agama ditulis agama lain. Kebanyakan ditulis Islam," ungkapnya.

Lebih lanjut, Sri menjelaskan soal mekanisme pengubahan data pada kolom agama untuk penghayat aliran kepercayaan, warga hanya membawa e-TKP dan kartu keluarga (KK) asli ke Disdukcapil.

Mereka yang ingin mengubah data pada kolom agama diminta mengisi berkas yang disediakan Disdukcapil dan ditandatangani pada meterai.

"Diubah dulu pada data KK kemudian baru bisa melakukan pengubahan data pada data e-KTP," jelasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS