Kubah Masjid Tersambar Petir, Salat Tarawih Geser ke Serambi

Chandra Iswinarno
Kubah Masjid Tersambar Petir, Salat Tarawih Geser ke Serambi
Kondisi Masjid Baiturrohman Desa Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas Jawa Tengah usai bagian kubahnya tersambar petir. [Dokumentasi TRC BPBD Banyumas]

Sekira pukul 16.00 WIB cuaca di seputaran Desa Beji hujan deras disertai petir. Dan salah satu petir menyambar pengeras suara yang berada di bagian kubah.

Suara.com - Kubah Masjid Baiturrohman yang berada di Grumbul Beji Gunung, RT 1 RW 3 Desa Beji, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dilaporkan rusak akibat tersambar petir.

Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas, Kusworo, peristiwa itu terjadi Selasa (7/5/2019), kisaran pukul 16.30 WIB.

"Sekira pukul 16.00 WIB cuaca di seputaran Desa Beji hujan deras disertai petir. Dan salah satu petir menyambar pengeras suara yang berada di bagian kubah, sehingga mengakibatkan genteng bagian kubah pecah dan jatuh berantakan," kata Kusworo, dikonfirmasi Selasa malam (7/5/2019).

Sesuai dengan pendataan yang dilakukan pihaknya, ukuran kubah yang tersambar petir tersebut 4x4 meter.

Pihak TRC BPBD Banyumas memastikan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Untuk kerugian materialnya, sejauh ini masih dalam penghitungan.

Dampak peristiwa tersebut, ruang utama masjid yang berasa di bawah kubah tidak memungkinkan untuk digunakan kegiatan ibadah. Termasuk di dalamnya, pelaksanaan Salat Isya dan Tarawih yang rutin dilaksanakan setiap Ramadan.

"Kegiatan salat tarawih di Masjid Baiturrohman tetap berjalan, namun di geser ke bagian serambi masjid," katanya.

Kontributor : Teguh Lumbiria

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS