Partisipasi Pemilih di Jateng Tembus 80 Persen

Chandra Iswinarno
Partisipasi Pemilih di Jateng Tembus 80 Persen
Ketua KPU Jateng Yulianto Sudrajat. [Antara]

Selain meningkat, angka partisipasi pemilih pemilu tahun ini di Jateng juga melampaui target yang telah ditentukan KPU Republik Indonesia yakni sebanyak 77,5 persen.

Suara.com - Angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 di Provinsi Jawa Tengah disebut mencapai 80 persen atau meningkat lima persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah (KPU Jateng) Yulianto Sudrajat usai penutupan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 di Kantor KPU Jateng, Minggu (12/5/2019) dini hari.

"Tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 untuk Jateng mencapai kisaran 80 persen, tapi jumlah pastinya belum kita hitung karena baru tetapkan perolehan suara saja," katanya seperti dilansir Antara.

Selain meningkat, angka partisipasi pemilih pemilu tahun ini di Jateng juga melampaui target yang telah ditentukan KPU Republik Indonesia yakni sebanyak 77,5 persen. Menurutnya, pelaksanaan pemilu secara serentak juga memengaruhi meningkatnya angka partisipasi pemilih Pemilu 2019.

"Yang jelas faktor keserentakan ini membuat tingkat partisipasi dan perhatian masyarakat menjadi lebih besar," ujarnya.

Meski begitu di sisi lain, Yulianto menilai, pelaksanaan pemilu secara serentak berdampak pada sisi teknis dan masyarakat mengetahui sendiri, jika beban penyelenggara pemilu di semua tingkatan begitu berat.

"Mereka (penyelenggara pemilu) harus merekap lima jenis surat suara, ini tidak mudah. Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara untuk tingkat provinsi saja berlangsung enam hari berturut-turut tanpa jeda, 'monggo' nanti bisa dievaluasi bersama terkait pemilu serentak," katanya. (Antara)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS