BKSDA Cilacap Masih Menyusuri Keberadaan Buaya Muara

Chandra Iswinarno
BKSDA Cilacap Masih Menyusuri Keberadaan Buaya Muara
Penampakan buaya muara di Perairan antara Kota Cilacap dengan Pulau Nusakambangan, Jawa Tengah. [Antara]

BKSDA bersama Satpol Air Polres Cilacap dan Masyarakat Mitra Polhut (MMP) Kabupaten Cilacap menggelar patroli untuk mencari keberadaan buaya muara tersebut.

Suara.com - Penampakan buaya muara di perairan sekitar Cilacap Jawa Tengah yang terrekam dalam video dan foto sedang menyeberang antara Perairan Pulau Nusakambangan dengan Cilacap diakui Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah masih belum terdeteksi.

Pernyataan tersebut disampaikan Koordinator Polisi Kehutanan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah, Seksi Konservasi Wilayah II Pemalang-Cilacap Resor Konvervasi Wilayah Cilacap, Endi Suryo Heksianto, di Cilacap, Senin (13/5/2019).

"Kami sudah menemui saksi-saksi mata, kejadian (munculnya) buaya muara itu memang ada pada hari Sabtu (11/5/2019), sekitar pukul 10.00 WIB. Berdasarkan informasi yang kami terima, panjang tubuh buaya tersebut diperkirakan lebih dari dua meter," katanya seperti dilansir Antara.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya bersama personel Satuan Polisi Perairan Kepolisian Resor Cilacap dan Masyarakat Mitra Polhut (MMP) Kabupaten Cilacap menggelar patroli untuk mencari keberadaan buaya muara tersebut.

Patroli tersebut dengan melakukan penyisiran di tempat-tempat yang dimungkinkan sebagai titik istirahat buaya, baik di wilayah perairan maupun daratan Pulau Nusakambangan.

"Namun sampai sekarang belum ditemukan," katanya.

Terkait dengan asal buaya muara tersebut, Endi mengaku belum bisa memastikannya. Pun pihaknya juga belum bisa memastikan jumlah buaya muara yang dalam beberapa waktu terakhir terlihat di perairan sekitar Cilacap, meskipun tersiar kabar jika jumlahnya mencapai tujuh ekor.

"Kami belum bisa pastikan jumlahnya karena dalam bukti foto dan rekaman video cuma satu dan kami juga belum bisa pastikan dari mana asal buaya tersebut tapi karena sendirian, dimungkinkan dari daerah lain. Kami juga sedang 'browsing' berita-berita terkait dengan penemuan buaya di sekitar Cilacap, akan coba kami kait-kaitkan," katanya.

Sebelumnya, seekor buaya muara yang sedang berenang terlihat di sekitar dermaga khusus yang berada di perairan Cilacap-Nusakambangan. Penampakan buaya muara tersebut terekam kamera foto dan video warga yang sedang berada di atas perahu.

Untuk diketahui, Masyarakat di wilayah perairan sekitar Kota Cilacap, Jawa Tengah dikejutkan dengan adanya video dan foto kemunculan buaya muara di wilayah perairan tersebut.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Masyarakat Mitra Polisi Kehutanan (MMP) Kabupaten Cilacap mengimbau nelayan untuk mewaspadai kemunculan buaya muara di wilayah perairan sekitar kota Cilacap. (Antara)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS