Paramedis Siap Layani Penumpang Kereta di Berbagai Stasiun Jateng

RR Ukirsari Manggalani
Paramedis Siap Layani Penumpang Kereta di Berbagai Stasiun Jateng
Kereta Api Indonesia (KAI) tengah melintasi sebuah rute di Jawa. Sebagai ilustrasi [ANTARA].

Mudik berkereta tujuan Jawa Tengah, inilah daftar stasiun yang melayani kesehatan para penumpangnya.

Suara.com - Kebutuhan sehat penumpang atau layanan kesehatan bagi penumpang menjadi perhatian KAI Daop 5 Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, terutama dalam arus Mudik Lebaran 2019 atau Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah serta arus baliknya.

PT KAI mengecek kesiapan kereta api untuk pengangkutan mudik lebaran 2017. [Dok PT KAI]
PT KAI mengecek kesiapan kereta api untuk pengangkutan mudik Lebaran 2017. Sebagai ilustrasi [Dok PT KAI]

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Supriyanto mengatakan, ada personel paramedis yang disiapkan di sejumlah stasiun. Masing-masing Stasiun Purwokerto, Kutoarjo, Kroya, dan Cilacap.

"Untuk kondisi darurat dalam hal kesehatan, ditempatkan personel paramedis sebanyak 21 orang di 4 stasiun," kata Supriyanto, Minggu (26/5/2019).

Kemudian, di sepanjang jalur itu, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan sejumlah instansi kesehatan.

"Kami juga berkoordinasi dengan fasilitas kesehatan yang terdekat stasiun di sepanjang lintas, seperti rumah sakit atau Puskesmas," tambah Supriyanto.

Tidak hanya itu, pihaknya juga memberikan perhatian khusus bagi penumpang perempuan yang tengah menyusui.

"Fasilitas laktasi atau ibu menyusui ada di delapan stasiun," ujarnya.

Ditegaskan, pemberian fasilitas tadi adalah wujud mengutamakan keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api, termasuk penumpang maupun barang yang diangkutnya.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) melaksanakan gelar pasukan Angkutan Lebaran 2019 pada Minggu (26/5/2019). Gelar pasukan ini menandai hari pertama posko KAI dalam rangka melayani masyarakat yang mudik dan balik menggunakan moda angkutan kereta api. Pada musim Lebaran 2019, KAI menetapkan masa mudik Lebaran selama 22 hari yakni dari 26 Mei 2019 (H-10) hingga 16 Juni 2019 (H+10).

Pada periode itu, KAI menyiapkan segala sumber daya demi melayani konsumen secara maksimal. Kesiapan KAI mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan KAI secara keseluruhan. Diharapkan dengan maksimalnya persiapan KAI menyambut Angkutan Lebaran, seluruh proses perjalanan mudik maupun balik berjalan lancar tanpa kendala.

Kontributor : Teguh Lumbiria

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS