Diklaim Bebas Lubang, Jalur Selatan Jawa Siap Dilintasi Pemudik

Bangun Santoso
Diklaim Bebas Lubang, Jalur Selatan Jawa Siap Dilintasi Pemudik
Pemasangan tiang pancang untuk penanganan tebing longsor pada tepi KM 57 Banyumas, masuk Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. (Suara.com/ Teguh Lumbiria)

Sejumlah perbaikan sudah dilakukan di sepanjang jalur selatan Jawa dari perbatasan Jabar-Jateng hingga Yogyakarta

Suara.com - Jalur selatan Jawa di wilayah Jawa Tengah, mulai batas Jawa Barat sampai batas Yogyakarta, dipastikan siap dilalui pemudik.

Jalan nasional itu menjadi penghubung antara Bandung-Yogyakarta. Masing-masing terdiri atas ruas batas Jawa Barat sampai Wangon, Banyumas, Jawa Tengah, dan ruas Wangon sampai batas Yogyakarta.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pelaksaanaan Jalan Nasional (PJN) Jateng Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Wilayah Wangon-Batas Jabar, Yuli Krisdianto mengatakan, ruas dari batas Jawa Barat sampai Wangon di Jateng, saat ini kondisinya sudah siap dilalui pemudik.

“Secara umum, untuk jalur selatan Jawa dari batas Jawa Barat sampai Wangon, kondisinya sudah sangat siap untuk dilalui pemudik, setelah langkah-langkah pembenahan yang kami lakukan, sudah tuntas dikerjakan,” kata Yuli Krisdianto, dihubungi Selasa (28/5/2019) malam.

Menurut dia, pembenahan itu berupa penambalan jalan berlubang yang muncul akibat pengikisan curah hujan. Kemudian penanganan dua titik tebing longsor. Masing-masing tebing longsor di tepi jalur selatan Jawa KM 43 Banyumas, masuk Kecamatan Lumbir, dan KM 57 Banyumas masuk Kecamatan Karangpucung, Cilacap.

Untuk penanganan tebing longsor pada KM 57 Banyumas ditempuh melalui pemasangan tiang pancang. Sedangkan penanganan tebing longsor pada KM 43 Banyumas, dilakukan pemasangan bore pile.

Kesiapan jalur selatan Jawa juga berlaku untuk ruas Wangon sampai batas Yogyakarta.

“Untuk ruas Wangon-Kebumen- batas Yogyakarta, dalam kondisi bebas lubang dan siap dilalui pemudik,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pelaksaanaan Jalan Nasional (PJN) Jateng Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga wilayah batas Yogyakarta - Kebumen – Wangon, Yafoor Sulaiman.

Menurut dia, ada sejumlah pembenahan yang dilakukan dalam menghadapi arus mudik dan balik lebaran kali ini. Selain penambalan jalan berlubang, juga dilakukan pembetonan jalan.

Ada dua pembetonan di ruas jalan nasional yang sudah tuntas dikerjakan pada wilayah itu. Masing-masing jalur selatan Jawa di wilayah Kecamatan Wangon dan Kemranjen, Kabupaten Banyumas.

Kontributor : Teguh Lumbiria

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS