Macet, Arus Balik Jakarta di Ajibarang Diarahkan ke Jalur Selatan

Agung Sandy Lesmana
Macet, Arus Balik Jakarta di Ajibarang Diarahkan ke Jalur Selatan
Papan informasi pengalihan arus di simpang Ajibarang, Banyumas, Jateng. (Suara.com/Teguh L)

Bumiayu sampai ke Tonjong padat, jadi efek antreannya sampai dengan Ajibarang. Ini dikarenakan volume kendaraan yang sangat banyak, katanya, saat dikonfirmasi wartawan.

Suara.com - Aparat kepolisian memberlakukan pengalihan arus di simpang pertigaan utama Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (9/6/2019). Pengendara yang mengarah ke Jakarta melalui jalur itu akan dialihkan untuk melintas di jalur selatan Jawa.

Kasatlantas Polres Banyumas, AKP Himawan Aji Angga mengatakan, pengalihan arus itu diberlakukan karena ada kepadatan kendaraan terjadi di Bumiayu-Tonjong, Kabupaten Brebes.

“Bumiayu sampai ke Tonjong padat, jadi efek antreannya sampai dengan Ajibarang. Ini dikarenakan volume kendaraan yang sangat banyak,” katanya, saat dikonfirmasi wartawan.

Sampai malam ini, dia beserta jajaran masih melakukan penarikan arus prioritas dari Ajibarang.

"Mohon doanya semoga kembali lancar," kata dia.

Untuk alternatif ke Jakarta, lanjut dia, bisa melalui tol Pemalang. Untuk bisa masuk ke tol tersebut, bagi kendaraan yang berasal dari Buntu, Banyumas bisa melintasi wilayah Sokaraja- Purbalingga- Randudongkal- Pemalang.

Sementara, orang pemudik yang hendak balik ke Jakarta, Abdillah (25) mengatakan arahan itu diberlakukan untuk semua kendaraan dari arah Purwokerto termasuk pemudik yang menggunakan sepeda motor.

“Semuanya (yang mau ke Jalarta) diarahkan belok kiri menuju ke Wangon (jalur selatan Jawa). Dari Wangon, baru diarahkan ke barat (arah Bandung),” kata Abdillah, ditemui saat istirahat di Lumbir.

Hal yang sama dirasakan pengendara lainnya, Nella (22). Saat dia sampai Ajibarang, petugas mengarahkan dirinya untuk menggunakan jalur selatan Jawa menuju ke Jakarta.

"Katanya di ruas Ajibarang-Bumiayu ada macet, jadi dirahkan ke selatan,” kata dia.

Kontributor : Teguh Lumbiria

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS