Fenomena Embun Es di Dieng, Mengundang Minat Wisatawan untuk Datang

Chandra Iswinarno
Fenomena Embun Es di Dieng, Mengundang Minat Wisatawan untuk Datang
Seorang wisatawan menunjukan balok es yang merupakan hasil dari fenomena frost di Dataran Tinggi Dieng. (Dok. Pengelolaan Obyek Wisata Banjarnegara)

Banyak wisatawan dari berbagai daerah yang secara khusus datang hanya ingin melihat fenomena tersebut.

Suara.com - Fenomena embun es di Kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, dalam beberapa hari terakhir ternyata mengundang minat wisatawan.

Fenomena embun es yang terjadi Senin pagi (24/6/2019), misalnya. Banyak wisatawan dari berbagai daerah yang secara khusus datang hanya ingin melihat fenomena tersebut.

Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Pengelolaan Obyek Wisata Banjarnegara Aryadi Darwanto mengatakan, mereka berdatangan sekitar Pukul 05.00 WIB hingga Pukul 05.30 WIB.

"Jam segitu, parkir saja penuh. Mereka ingin melihat fenomena embun es untuk mengabadikannya," kata Aryadi.

Menurutnya, mereka datang dari berbagai daerah di Jawa Tengah maupun Yogyakarta. Selain itu, ada juga yang datang dari Jakarta.

Fenomena embun es di wilayah tersebut terjadi akibat turunnya suhu udara hingga minus. Aryadi Darwanto mencatat, fenomena itu sudah terjadi delapan kali dalam bulan Juni 2019 ini. Fenomena yang sama juga pernah terjadi dalam bulan Mei lalu.

Pada Senin pagi tadi, kisaran pukul 05.00 WIB, pihaknya mengukur suhu udara di wilayah tersebut sampai minus sembilan derajat celsius.

Untuk diuketahui fenomena terjadinya embun es di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, pada Minggu malam sampai Senin pagi (23-24/6/2019) meluas hingga wilayah pemukiman warga di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur.

"Saat ini dampak embun es cukup luas karena dari laporan warga sudah sampai depan rumah mereka. Yang lapor warga Dieng Kulon,” kata Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Pengelolaan Obyek Wisata Banjarnegara Aryadi Darwanto kepada Suara.com.

Kontributor : Teguh Lumbiria

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS