Ada Prediksi Gempa dan Tsunami, Begini Tanggapan Warga Cilacap

Chandra Iswinarno
Ada Prediksi Gempa dan Tsunami, Begini Tanggapan Warga Cilacap
Ilustrasi Pantai Selatan Cilacap. [Suara.com/Teguh Lumbiria]

Terlepas dari ada atau tidaknya ancaman bencana itu, warga menyikapinya sebagai perhatian kepada warga untuk selalu waspada.

Suara.com - Pakar Tsunami dari Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) memprediksi potensi tsunami setinggi 20 meter dan prediksi gempa 8,8 SR akan terjadi di kawasan Selatan Pulau Jawa mulai dari Pantai Cilacap, Yogyakarta sampai Jawa Timur.

Informasi tersebut menjadi perhatian Warga Kota Cilacap, Jawa Tengah yang letaknya tak jauh dari bibir pantai. Menanggapi informasi tersebut, seorang warga Cilacap, Tania Hamzah (32) mengaku ada rasa takut, bila hal itu benar-benar terjadi.

"Ya takut kalau memang bisa terjadi. Apalagi rumah saya kalau ditarik garis lurus nggak sampai dua kilometer dari pantai," kata Tania ditemui Suara.com, Kamis sore (18/7/2019).

Terlepas dari ada atau tidaknya ancaman bencana itu, Tania menyikapinya sebagai perhatian kepada warga untuk selalu waspada.

"Sekarang jadi lebih waspada, dan selalu siaga," katanya.

Sikap waspada dan siaga, lanjut Tania dilakukan dalam sejumlah hal.

“Misal menyiapkan tas darurat berisi surat-surat berharga, pakaian dan makanan,” kata dia.

Warga Cilacap lainnya, Retno (24) berpendapat, jika memang benar terjadi gempa sebesar itu sepertinya memang akan menimbulkan tsunami.

“Berkaca dari kejadian di Aceh 2004 silam. Banyak pelajaran yang dapat kita ambil,” kata Retno.

Intinya apabila memang benar terjadi, lanjut Retno perlu pemahaman lebih dari warga terutama dalam penanggulangan.

"Mudah-mudahan saja hal itu tidak terjadi. Namun bila memang benar terjadi, kita harus mengetahui bagaimana cara penanggulangan bencana alam secara pribadi. Termasuk juga mengevakuasi diri ke tempat yang lebih tinggi apabila terjadi tsunami," kata warga Kecamatan Cilacap Selatan itu.

Untuk diketahui, berdasar permodelan Pakar Tsunami dari Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) Widjo Kongko, sepanjang pesisir selatan Pulau Jawa berpotensi disapu tsunami dahsyat setinggi 20 meter.

Permodelan Widjo Kongko itu menyatakan selatan pesisir Pulau Jawa berpotensi diguncang gempa bumi 8,8 skala richter. Sebab ada segmen-segmen megathrust di sepanjang selatan Jawa.

Segmen-segmen megathrust itu membentang di sepanjang selatan Jawa hingga ke Sumba di sisi timur dan di selatan Selat Sunda.

Kontributor : Teguh Lumbiria

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS