Bendera Merah Putih Jumbo Berkibar di Jembatan Kereta Api Sungai Serayu

Chandra Iswinarno
Bendera Merah Putih Jumbo Berkibar di Jembatan Kereta Api Sungai Serayu
Upacara pengibaran bendera merah putih berukuran 6×15 meter dilakukan Federasi Arum Jeram Indonesia (FAJIZ) Jawa Tengah pada Sabtu (17/8/2019). [Suara.com/Teguh Lumbiria]

Pengibaran bendera merah putih berukuran 615 meter dilakukan Federasi Arum Jeram Indonesia (Faji) Jawa Tengah.

Suara.com - Merayakan HUT RI dapat dilakukan dengan beragam cara dan tempat yang berbeda. Di Banyumas, Jawa Tengah, peringatan hari bersejarah itu ditandai dengan pengibaran bendera merah putih di Jembatan Kereta Api Sungai Serayu pada Sabtu (17/8/2019).

Pengibaran bendera merah putih berukuran 6×15 meter dilakukan Federasi Arum Jeram Indonesia (Faji) Jawa Tengah dirangkai dengan upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

Kegiatan diawali dengan Jambore Faji berupa penyusuran Sungai Serayu sepanjang puluhan kilometer menggunakan perahu dalam waktu kurang dari satu jam.

Penyusuran sungai mengambil start dari Jembatan Merah di Kecamatan Patikraja dan finish di jembatan Kereta Api Serayu.

Kegiatan tersebut diikuti ratusan peserta yang berasal dari 13 daerah di Jawa Tengah. Peseerta yang terdiri atas atlet, pelatih hingga pecinta olahraga arum jeram antara lain daerah Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Temanggung, Kabupaten Magelang, Purworejo, Solo, Pekalongan, Batang, hingga Pemalang.

Ketua FAJI Jawa Tengah, Bambang Siswoko Utomo mengatakan, pemilihan lokasi pengibaran bendera di jembatan kereta api Sungai Serayu karena sudah menjadi ikon Banyumas. Meskipun diakui olehnya membutuhkan persiapan yang tidak mudah.

“Ini menjadi cara kami para generasi muda untuk menghormati para pejuang,” kata Bambang kepada Suara.com di lokasi.

Acara tersebut juga menjadi upaya pihaknya dalam mengampanyekan kecintaan lingkungan bagi masyarakat, terutama yang berada di sekitaran sungai.

"Tentu harapan terbesarnya sepanjang Sungai Serayu menjadi bersih dari potensi sampah, sehingga alam yang indah ini tetap terjaga,” kata dia.

Kontributor : Teguh Lumbiria

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS