Ada Titik Api, Jalur Pendakian Gunung Merbabu Ditutup

Chandra Iswinarno
Ada Titik Api, Jalur Pendakian Gunung Merbabu Ditutup
Ilustrasi kebakaran di hutan Gunung Merbabu.

Penutupan dilakukan karena adanya titik api di wilayah jalur pendakian Suwanting, Magelang.

Suara.com - Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) Boyolali, Jawa Tengah menutup sementara jalur pendakian Gunung Merbabu. Penutupan jalur pendakian tersebut terhitung mulai Kamis (12/9/2019).

Penutupan dilakukan karena adanya titik api di wilayah jalur pendakian Suwanting, Magelang.

Keputusan menutup jalur pendakian ini juga sudah disampaikan oleh BTNGMb melalui Surat Edaran No 417/T.35/TU/EVLAP/2019 yakni tentang Penutupan Sementara Jalur Pendakian Gunung Merbabu.

Kepala BTNGMb Junita Parjanti, mengungkapkan titik api di Suwanting terpantau dini hari sekira pukul 02.00 WIB. Untuk luasan lahan yang terbakar pihaknya belum bisa memastikannya.

"Dengan mempertimbangkan keselamatan dari para pendaki, untuk sementara jalur pendakian kami tutup. Penutupan sampai waktu yang belum ditentukan," terang Junita kepada Suara.com, Kamis (12/9/2019).

Junita juga tidak bisa memastikan penyebab kebakaran yang terjadi. Mengingat, saat ini kondisi cuaca juga masih musim kemarau. Sehingga, kebakaran mudah terjadi.

"Lahan yang terbakar kebanyakan lahan gambut. Semua jalur pendakian kami tutup, mulai dari Selo, Suwanting, Wekas, Cunthel dan Thekelan," urainya.

Junita menambahkan, pihaknya mengimbau kepada seluruh warga terutama yang tinggal di sekitar gunung Merbabu agar berhati-hati. Selain itu juga jangan melakukan aktivitas yang bisa menyebabkan kebakaran.

"Kami juga meminta kepada warga agar ikut menjaga agar tidak terjadi kebakaran. Warga juga harus berhati-hati dan tidak melakukan aktivitas yang berpotensi menyebabkan kebakaran," ujarnya.

Kontributor : Ari Purnomo

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS