Digadang-gadang Jadi Calon Wakil Gibran, Akun Facebook Dinar Dibajak

Chandra Iswinarno
Digadang-gadang Jadi Calon Wakil Gibran, Akun Facebook Dinar Dibajak
Ilustrasi hacker. (Shutterstock)

Pelaku bahkan sempat mengirim pesan via aplikasi percakapan dalam Facebook yang meminta sejumlah uang kepada kolega Dinar.

Suara.com - Akun Facebook milik Dinar Retna Indrasari, Anggota DPRD Kota Solo yang juga digadang-gadang bakal diduetkan bersama Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil wali kota, dibajak orang tak bertanggung jawab pada Selasa (5/11/2019).

Pelaku bahkan sempat mengirim pesan via aplikasi percakapan dalam Facebook yang meminta sejumlah uang kepada kolega Dinar. Lantaran itu, beberapa teman Dinar mengonfirmasi via telepon dan Whatsapp (WA) kepada Adik ipar politikus senior PDIP Boyolali Seno Kusumoharjo tersebut.

“Saya belum tahu ada yang transfer uang kepada pelaku atau tidak. Tapi beberapa yang menghubungi saya sudah saya jelaskan, saya tidak mengirim pesan itu dan kemungkinan akun saya di-hack seseorang,” ujarnya seperti diberitakan Solopos.com-jaringan Suara.com pada Selasa (5/11/2019).

Dinar mengaku kaget karena tidak merasa mengirim pesan tersebut. Sejurus kemudian, dia mencoba membuka akun Facebook-nya, namun gagal. Usaha tersebut dilakukannya berkali-kali.

“Pembajak ingin mendapatkan keuntungan finansial dari membajak akun saya. Teman-teman saya dimintai uang semua. Nominalnya berbeda-beda, ada yang Rp1 juta ada yang hanya beberapa ratus ribu rupiah,” sambung dia.

Untuk mengantisipasi adanya korban penipuan tersebut, Dinar mengumumkan soal pembajakan akun Facebook-nya melalui status WhatsApp miliknya. Dia berharap teman-teman Facebook-nya tidak ada yang termakan ulah tidak bertanggung jawab si pembajak.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, tidak ada aktivitas berarti di akun Facebook Dinar Retna Indrasari pada Selasa pagi hingga sore. Unggahan terbaru Dinar tentang kegiatan resesnya sebagai wakil rakyat Dapil V Solo pada Senin (4/11/2019) lalu.

"Foto dan informasi kegiatan reses itu saya yang mengunggahnya. Kalau di dinding FB memang tak ada aktivitas mencurigakan. Pelaku main lewat Messenger,” katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS