Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Kalikangkung, Ini Penyebabnya

Bangun Santoso
Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Kalikangkung, Ini Penyebabnya
Ilustrasi gerbang tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). [Suara.com/Adam Iyasa]

Kecelakaan itu melibatkan dua bus hingga terbakar dan satu minibus jenis Toyota Innova

SuaraJawaTengah.id - Insiden kecelakaan di jalur tol kembali terjadi. Insiden nahas itu kali ini terjadi di gerbang tol Kalikangkung, KM 414 Jalan Tol Batang-Semarang yang melibatkan dua kendaraan bus dan satu minibus jenis Toyota Innova pada Sabtu (28/12/2019) malam pukul 20.10 WIB.

Dalam keterangan tertulisnya, Direktur Utama PT Jasamarga Semarang-Batang, Arie Irianto mengatakan, kecelakaan beruntun tersebut dipicu oleh kendaraan bus Kramat Jati dengan nomor polisi B 7450 TGA yang mengalami rem blong sehingga hilang kendali.

"Kemudian, menabrak bagian belakang bus PJT yang ada di depannya dan sedang melakukan transaksi di akses masuk Gardu Nomor 13 GT Kalikangkung," kata Arie.

"Bus PPJ kemudian terdorong hingga oleng ke kanan dan menabrak water barrier serta kendaraan Innova dengan nomor polisi H 732 UK hingga masuk parit. Kecelakaan ini mengakibatkan dua bus tersebut terbakar," tambahnya.

Arie menurutkan, hingga saat ini PT JSB memonitor akibat kecelakaan lalu lintas tersebut, terdapat satu korban luka berat dan beberapa korban luka ringan yang saat ini masih dalam tahap pendataan.

Seluruh korban dibawa ke rumah sakit terdekat, yaitu di RS Tugu Semarang.

"Tepat pada pukul 20.20 WIB api sudah berhasil di padamkan dan lalu lintas sudah kembali normal," ucap dia.

Ia pun mengimbau, kepada seluruh pengguna jalan, baik pengusaha angkutan umum maupun kendaraan pribadi untuk memastikan kelayakan kendaraan sebelum memulai perjalanan.

"Kendaraan yang tidak layak operasi akan berakibat fatal dalam perjalanan dan merugikan pengguna jalan lainnya, seperti kasus rem blong yang tidak berfungsi maksimal dalam kejadian ini," imbuh dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS