Pilkada Solo, Rudy Minta Rekomendasi DPP Pertimbangkan Kenaikan Kursi DPRD

Chandra Iswinarno
Pilkada Solo, Rudy Minta Rekomendasi DPP Pertimbangkan Kenaikan Kursi DPRD
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. [Suara.com/Ari Purnomo]

Rudy juga menyebut capaian positif yang ditorehkan PDIP Solo saat Pemilu Presiden 2019 dengan memborong 80 persen lebih suara di wilayah tersebut.

SuaraJawaTengah.id - Suhu politik menuju Pilkada Solo 2020 di internal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam beberapa waktu belakangan terus memanas, terutama setelah putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka mendaftarkan diri melalui DPD PDIP Jawa Tengah.

Kekinian, Ketua DPC PDIP FX Hadi Rudyatmo mulai meminta pertimbangan DPP PDIP untuk rekomendasi calon wali kota dan calon wakil wali kota Pilkada Solo 2020. Dia bahkan menyampaikan agar DPP PDIP melihat parameter yang lebih khusus dengan pertimbangan peningkatan perolehan kursi PDIP di DPRD Solo.

“Saya dan Pak Purnomo sudah bekerja tujuh tahun. Dengan indikator apa saya tidak tahu. Tetapi ketika saya dan Pak Pur menjadi Wali Kota dan Wawali selama 2,8 tahun PDIP mendapat 24 kursi. Pemilu 2019 PDIP bahkan mendapat 30 kursi,” ujar Rudy, sapaan akrabnya seperti diberitakan Solopos.com-jaringan Suara.com, Senin (20/1/2020).

Rudy juga menyebut capaian positif yang ditorehkan PDIP Solo saat Pemilu Presiden 2019 dengan memborong 80 persen lebih suara di wilayah tersebut.

“Ini kan mestinya menjadi indikator, menjadi pertimbangan bagi Ketua Umum dan DPP,” kata dia.

Pun banyaknya deklarasi dukungan untuk pasangan Achmad Purnomo-Teguh Prakosa dari kelompok masyarakat juga diharapkan menjadi pertimbangan DPP. Seperti deklarasi dari Komunitas Masyarakat Pinggir Sungai Bengawan Solo di Kelurahan Pucangsawit, Jebres pada Minggu (19/1/2020).

“Ini inisiatif dari tokoh-tokoh masyarakat di pinggir Bengawan Solo, menyampaikan aspirasi kepada DPP PDIP, agar memberikan dukungan estafet kepemimpinan Solo kepada Pak Purnomo dan Teguh Prakosa. Ini murni gerakan masyarakat,” katanya.

Untuk diketahui, DPC PDIP mengajukan nama Achmad Purnomo-Teguh Prakosa sebagai calon wali kota dan calon wakil wali kota dalam Pilkada Solo 2020. Meski begitu, kekinian DPP PDIP belum menyampaikan rekomendasi calon wali kota dan calon wali kota yang akan diusung partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS