Ikut Ujian CPNS di Semarang, Dua Peserta Asal Tegal Kedapatan Bawa Jimat

Chandra Iswinarno
Ikut Ujian CPNS di Semarang, Dua Peserta Asal Tegal Kedapatan Bawa Jimat
Peserta tes seleksi CPNS ketahuan bawa jimat (Instagram/bkngoidofficial)

Keduanya ketahuan membawa jimat saat melalui metal detector.

SuaraJawaTengah.id - Pengawas tahapan tes CPNS yang digelar di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menemukan benda-benda tak lazim yang dibawa dua peserta CPNS dari Kabupaten Tegal ketika berada di lokasi tes.

Ketua Pelaksana Tes CPNS di Kampus Udinus, Muhammad Sidik mengatakan peserta tes CPNS tertangkap basah saat hendak memasuki ruangan tes membawa uang logam yang dibungkus kertas dan kayu menyerupai ketapel.

"Ada dua peserta dari Tegal ketahuan memakai jimat pas body check memakai metal detektor," katanya, Kamis (6/2/2020).

Untuk menjamin keamanan saat ujian CPNS berlangsung, ia mengerahkan 10 personel Menwa dan tim pengawas lainnya yang ditugaskan untuk membawa alat detektor saat pass body check peserta.

"Kita sudah siapkan 10 pengawas sementara untuk metal detector juga ada lima pengawas khusus. Hal ini untuk mengantisipasi kecurangan peserta saat mengikuti tes CPNS yang dilakuan di Udinus," paparnya.

Selain bertugas sebagai pengaman barang-barang yang mencurigakan, 10 pengawas tersebut juga bertugas untuk mengawasi peserta palsu atau peserta yang dititipkan untuk mengerjakan orang lain.

Agar pemeriksaan berjalan lancar, pihaknya mewajibkan peserta wajib datang 20 menit sebelum tes berlangsung. Menurutnya, hal itu penting selain untuk kemanan jika tidak tepat waktu maka akan mempengaruhi jadwal selanjutnya.

"Saban hari ada lima sesi tes CPNS yang diikuti berbagai peserta. Sesi pertama dimulai pukul 08.00 WIB pagi, hingga berakhir pukul 16.30 WIB sore," paparnya.

Seperti diketahui, di Udinus sejak tanggal 27 Januari hingga 1-6 Fenuari mengadakan tes CPNS di Kota Semarang yang diikuti peserta dari Jawa Tengah.

Kontributor : Dafi Yusuf

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS