Jika Tak Dapat Rekom PDIP, Gerindra Siap Bentuk Koalisi untuk Gibran

Chandra Iswinarno
Jika Tak Dapat Rekom PDIP, Gerindra Siap Bentuk Koalisi untuk Gibran
Bakal Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka tiba di Kantor DPP PDI-P, Menteng, Jakarta, Senin (10/2). [ANTARA FOTO/Galih Pradipta]

Ardianto juga optimistis bisa membentuk koalisi bersama Partai Golkar dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk mengusung cawali-cawawali.

SuaraJawaTengah.id - Dukungan Partai Gerindra kepada Gibran Rakabuming Raka untuk menjadi Calon Wali Kota Solo nampaknya tak main-main.

Bahkan, partai berlambang kepala garuda tersebut berniat menggalang dukungan partai politik lain, jika Putra Sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak mendapat rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP).

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua DPC Partai Gerindra Solo Ardianto Kuswinarno pada Senin (2/3/2020).

“Sedari awal kami sampaikan Partai Gerindra mendukung Mas Gibran. Kalau nanti dia tak dapat rekomendasi dari PDIP ya akan kami rangkul, kami usung bersama parpol lain. Bisa nanti dengan PKS dan Golkar,” ujarnya seperti dilansir Solopos.com-jaringan Suara.com pada Senin (2/3/2020).

Tak hanya itu, Ardianto juga optimistis bisa membentuk koalisi bersama Partai Golkar dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk mengusung cawali-cawawali, lantaran berkekuatan 11 kursi DPRD Solo. Jumlah tersebut, menurutnya sudah cukup untuk mengusung Bos Markobar tersebut karena untuk gabungan parpol harus mempunyai sedikitnya sembilan kursi DPRD.

Untuk memuluskannya, Ardianto terus berkomunikasi dengan parpol lain baik pemilik kursi di parlemen maupun nonkursi parlemen.

“Kalau Mas Gibran bersedia, saya yakin akan banyak parpol yang mendukung dan bergabung koalisi,” kata dia.

Lebih lanjut, Ardianto menilai Gibran menjadi sosok ideal pemimpin Solo ke depan.

“Lompatan-lompatan pemikirannya pasti segar,” urai dia.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu dan Pilkada DPD PKS Solo Sugeng Riyanto tak menampik kemungkinan terbentuknya koalisi gabungan parpol.

“Peluang itu selalu ada. Dan itu juga yang masih terus diupayakan PKS mengajak parpol lain agar tidak usah terburu-buru dalam menentukan sikap yang paling pas di momentum yang paling tepat. Kami masih wait and see,” ujar dia.

Sementara Wakil Ketua DPD Partai Golkar Solo, Taufiqurrahman mengaku memang ada perintah DPD Partai Golkar Jateng untuk mendukung Gibran sebagai Cawali Solo. Namun instruksi tersebut belum berupa instruksi tertulis dari partai.

Disinggung sikap Partai Golkar bila Gibran tak dapat rekomendasi dari PDIP, Taufiqurrahman mengaku belum tahu.

“Perintahnya cuma satu, dukung Gibran. Kayaknya yakin akan dapat rekomendasi."

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS