alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gerak Cepat, Gibran Matangkan Proyek Rel Layang di Palang Joglo Solo

Budi Arista Romadhoni Sabtu, 27 Februari 2021 | 13:28 WIB

Gerak Cepat, Gibran Matangkan Proyek Rel Layang di Palang Joglo Solo
Arus lalu lintas di palang KA Joglo seusai KA Bandara melintas, Senin (30/12/2019). [Solopos/Burhan Aris]

Gibran Rakabuming Raka langsung bergerak cepat untuk mematangkan proyek jalur persimpangan kereta api di Joglo

SuaraJawaTengah.id - Usai dilantik menjadi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka langsung melakukan blusukan. Gibran ingin memastikan beberapa proyek pembangunan di Kota Solo bisa berjalan lancar dan lebih cepat. 

Termasuk rencana pembangunan rel elevasi atau rel layang di Palang Joglo Solo. Gibran Rakabuming Raka mengaku segera mematangkan proyek tersebut. 

"Palang Joglo sudah kami cek dengan Bu Sita (Kepala DPUPR Kota Surakarta). Minggu depan kami rapatkan lagi untuk lebih detailnya," kata Gibran Rakabuming Raka dilansir dari ANTARA di Solo, Sabtu (27/2/2021). 

Ia mengatakan proyek rel layang Palang Joglo sendiri merupakan salah satu program kerja prioritas Pemkot Surakarta.

Baca Juga: Pengusaha Cantik Solo Nilai Gibran Bisa Pulihkan Ekonomi

"Palang Joglo termasuk tempat yang kami kunjungi pertama setelah pelantikan. Jadi prioritas karena tingkat kemacetan dan keramaian sudah luar biasa sekali," katanya.

Ia mengatakan pembangunan rel layang lebih dipilih dibandingkan jalan layang untuk menghilangkan perlintasan sebidang kereta api karena biaya lebih murah dan untuk meminimalisasi penggusuran.

"Lebih murah, penggusuran juga minim, tetapi nanti kami detailkan minggu depan," katanya.

Sebelumnya, pada kunjungannya ke Kota Solo beberapa waktu lalu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berkomitmen menghilangkan perlintasan sebidang secara bertahap untuk mengurangi kasus kecelakaan di jalan raya.

"Kami sedikit demi sedikit secara bertahap menghilangkan satu bidang persimpangan antara jalan dan kereta api," katanya.

Baca Juga: Gaya Selvi Ananda di Pelantikan Suami Jadi Walikota: Putri Solo Beneran

Ia mengatakan sudah berkeliling ke sejumlah jalan di Kota Solo, beberapa titik yang harus segera diperbaiki di antaranya "underpass" atau jalur bawah Gilingan dan Joglo.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait