alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Awas! Pemudik Masuk Kota Tegal Bakal Dites Swab

Budi Arista Romadhoni Selasa, 20 April 2021 | 15:10 WIB

Awas! Pemudik Masuk Kota Tegal Bakal Dites Swab
Ilustrasi pemudik masuk ke Kota Tegal akan dites swab. (Dok: ELements Envanto)

Pemudik yang tiba di Kota Tegal akan dilakukan tes swab

SuaraJawaTengah.id - Dinas Kesehatan Kota Tegal menyiapkan tiga posko pemantauan dan pemeriksaan meski mudik lebaran kembali dilarang pada tahun ini. Pemudik yang tiba di Kota Bahari akan dilakukan tes swab.

‎Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, Sri Primawati Indraswari mengatakan, pihaknya menyiapkan tiga posko mudik yakni di stasiun, terminal dan simpang Maya.

‎"Tiga posko tersebut salah satunya untuk antisipasi terjadinya kecelakaan. Di tiap posko, ada tiga petugas Dinas Kesehatan yang disiagakan," ujar Prima di Kota Tegal, Selasa (20/4/2021).

‎Menurut Prima, selain mengantisipasi kecelakaan, petugas di tiga posko tersebut juga nantinya akan melakukan rapid test antigen terhadap pemudik yang tiba di Kota Tegal untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

Baca Juga: Waspada Kucing-kucingan Pemudik, Kapolres Cilegon: Truk dan Box Dibongkar

"Rapid test antigen nanti dilakukan secara random. Tidak ada target sehari harus berapa, tapi nanti dilakukan rapid test antigen terhadap pemudik," ujarnya.

‎Prima mengatakan, antisipasi adanya warga yang tetap nekat mudik juga dilakukan dengan mengoptimalkan keberadaan Satgas Jogo Tonggo di tiap kelurahan. 

Keberadaan dan peran Satgas Jogo Tonggo ini menurut dia penting dalam mencegah penyebaran Covid-19.‎ Satgas harus memantau tiap warga yang baru datang dari luar kota.

"Jogo Tonggo harus memantau warga dari luar kota. Begitu ada gejala, nanti bisa dilaporkan ke puskesmas setempat, terus kita testing. Kalau positif nanti isolasi,"‎ kata Prima.

Menurut Prima, tempat isolasi bagi pemudik positif Covid-19 dipusatkan di rumah susun (rusun) Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat dan Gedung Olahraga (GOR) Tegal Selatan. 

Baca Juga: Satgas COVID-19: Pemudik Adalah Pembunuh Jika Mudik Lebaran 2021

Kedua tempat tersebut sudah sejak beberapa waktu lalu dijadian tempat isolasi terpusat bagi warga positif Covid-19 dengan gejala ringan dan tanpa gejala.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait