alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tiba dari India, 13 ABK WNA Positif Covid-19 di Pelabuhan Cilacap

Ronald Seger Prabowo Jum'at, 07 Mei 2021 | 17:05 WIB

Tiba dari India, 13 ABK WNA Positif Covid-19 di Pelabuhan Cilacap
Kapal dari India yang membawa anak buah kapal (ABK) asing mendarat di Pelabuhan Cilacap. [Instagram @explore_cilacap]

Ketika dikonfirmasi, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Farid Ma'ruf membenarkan informasi yang beredar di masyarakat tersebut.

SuaraJawaTengah.id - Warga Kabupaten Cilacap, tengah digemparkan dengan adanya informasi kapal berbendera asing yang membawa Anak Buah Kapal (ABK) setelah perjalanan dari India positif Covid-19.

Informasi tersebut beredar luas melalui pesan berantai aplikasi WhatsApp. Dalam narasi yang tersebar, kapal MV Hilma Buker mengangkut 20 all crew kapal yang bermuatan gula rafinasi.

Ketika dikonfirmasi, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Farid Ma'ruf membenarkan informasi yang beredar di masyarakat tersebut.

Kepada wartawan, ia menjelaskan perihal kapal berbendera asing dari India tersebut bisa bersandar di perairan Kabupaten Cilacap.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Pontianak Dihantui Gelombang Ketiga Covid-19

"Kapal bermuatan gula rafinasi tiba di Cilacap pukul 16.00 WIB pada tanggal 25 April 2021. Kemudian dilakukan pemeriksaan karantina kesehatan oleh petugas KKP kelas II Cilacap, dengan hasil secara umum tampak sehat," katanya kepada wartawan, Jumat (7/5/2021).

Namun setelah dilakukan Rapid Antigen terhadap 20 ABK menunjukkan hasil, tiga orang terkonfirmasi positif. Kemudian pemeriksaan kesehatan dilanjutkan dengan tes PCR kepada tiga penumpang yang terkonfirmasi positif covid-19.

"Hasilnya, tanggal 26 April pukul 17.14 WIB menerima hasil PCR yang menunjukkan konfirmasi positif covid-19. Kemudian tanggal 28 April, boarding office KKP Kelas II Cilacap mengambil sampel Genoma 3 ABK yang positif tersebut untuk dikirim ke Balitbangkes Kemenkes di Jakarta," jelasnya.

Untuk lebih meyakinkan dan memberikan hasil yang gamblang, pada tanggal 30 April sampai 4 Mei, para ABK tersebut dilakukan pemeriksaan spesimen secara bertahap.

"Selama menunggu semua ABK isolasi di kapal. Tapi sekarang sudah dievakuasi ke RSUD Cilacap karena didapati hasil 13 orang positif covid-19," terangnya.

Baca Juga: Tega! Orang Tua Kabur usai Bayinya Meninggal Positif Corona

Kapal tersebut sempat melakukan bongkar muat pada tanggal 1-4 Mei 2021 di Dermaga 4 Tanjung Intan Cilacap dengan pengawasan petugas KKP Kelas II Cilacap. Selanjutnya tanggal 4 Mei dilakukan pengawasan kapan dalam karantina pelabuhan tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait