alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Duh! PPBD Online, Kuota Siswa SMP Unggulan di Kota Magelang Full

Budi Arista Romadhoni Jum'at, 11 Juni 2021 | 15:51 WIB

Duh! PPBD Online, Kuota Siswa SMP Unggulan di Kota Magelang Full
SMP Negeri 4 Kota Magelang sebagai salah satu sekolah unggulan, kebanjiran siswa baru yang mendaftar lewat online. (suara.com/ Angga Haksoro Ardhi).

Kuota Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online di sekolah unggulan Kota Magelang penuh

SuaraJawaTengah.id - Sekolah menengah pertama (SMP) unggulan di Kota Magelang kebanjiran peminat. Kuota Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online di sekolah unggulan penuh seluruhnya.

Wakil Kepala Kurikulum SMP 4 Kota Magelang, Tri Indra Prasetya mengatakan jumlah siswa yang diterima mencapai 184 anak. Seluruhnya diterima melalui PPBD online.

“Sudah komplit mencakup semuanya. Jalur afirmasi sudah penuh, jalur prestasi juga sudah penuh. Semuanya melalui Penerimaan Peserta Didik Baru online,” kata Tri Indra kepada SuaraJawaTengah.id, Jumat (11/6/2021).

Berdasarkan jalur penerimaan siswa, sebanyak 92 anak diterima berdasarkan zonasi. Sedangkan 28 anak melalui jalur prestasi dan 55 siswa melalui jalur afirmasi.

Baca Juga: Disdik Sleman Pastikan Daya Tampung Sekolah Lebih Besar dari Jumlah Kelulusan Siswa

Sedangkan jumlah anak yang diterima melalui jalur mutasi mencapai 4 orang dari 9 kursi yang disediakan. Menurut Tri Indra kapasitas kelas mampu menampung seluruh siswa baru.

“Kami ada 6 kelas untuk siswa baru. Sebanyak 5 kelas untuk menampung kapasitas 32 murid. Satu kelas berkapasitas 24 siswa karena kelas kecil,” ujar Tri Indra.

Dia mengakui orang tua sempat kesulitan mengakses jaringan internet pendaftaran siswa baru. Sehingga pada hari pertama pendaftaran online, banyak orang tua yang datang langsung mendaftar ke sekolah.

“Hari pertama itu banyak (yang mendaftar) di sekolah dibanding hari berikutnya. Pada hari pertama itu mendapat kesulitan dalam jaringan. Jadi datang kesini dan tetap kami layani karena pelayanannya offline dan online.”

Salah satu tujuan PPDB online adalah menghindari kerumunan saat wali murid melakukan pendaftaran. Sekolah mengantisipasinya dengan melaksanakan protokol kesehatan.

Baca Juga: Alur PPDB 2021 Tingkat SMP di Kota Bogor

“Online itu salah satunya mengurangi penyebaran Covid. Tapi karena ada kendala jaringan sehingga saat hari pertama lumayan banyak yang datang ke sekolah. Tapi bisa kami antisipasi jaga jarak,” kata Tri Indra.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait