alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Astaga! Klaster Gathering, 17 Mahasiswa Universitas Tidar Positif Covid-19

Ronald Seger Prabowo Senin, 14 Juni 2021 | 19:18 WIB

Astaga! Klaster Gathering, 17 Mahasiswa Universitas Tidar Positif Covid-19
Ilustrasi Covid-19. (Andrea Piacquadio/Pexels)

Mereka diduga tertular saat gathering Fakultas Teknik Untidar di Sawangan, 4-6 Juni 2021.

SuaraJawaTengah.id - Sebayak 17 mahasiswa Universitas Tidar, Kota Magelang terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka menjalani isolasi terpusat di Hotel Borobudur.

Menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, dr Intan Suryahati, mereka diduga tertular saat gathering Fakultas Teknik Untidar di Sawangan, 4-6 Juni 2021.

“Waktu itu ada anak Untidar gathering dari Fakultas Teknik tanggal 4-6 Juni 2021. Pulangnya ada anak yang bergejala kemudian swab mandiri, ternyata positif,” kata Intan Suryahati kepada wartawan, Senin (14/6/2021).

Pada pemeriksaan swab mandiri, diketahui 11 mahasiswa Untidar diduga terpapar Covid-19. Pihak puskesmas kemudian mengadakan tes ulang PCR dan menemukan 17 mahasiswa terkonfirmasi positif.  

Baca Juga: Update Senin 14 Juni: Per Hari Ini, 8.189 Warga Indonesia Terpapar Covid-19

“Baru kemudian di-tracing oleh puskesmas menggunakan PCR ulang. Dari PCR 17 anak itu positif semua. Yang di-tracing kontak eratnya baru 17, itu positif semua,” ujar Intan.

Mahasiswa yang positif kemudian dirawat di fasilitas isolasi terpusat milik Kota Magelang di Hotel Borobudur. Hingga hari ini terdapat 22 pasien Covid tak bergejala yang dirawat di Hotel Borobudur.  

“Kita masukkan di RS Budi Rahayu sudah penuh. Ada 36 tempat tidur dan sudah terpakai semua. RS Budi Rahayu khusus untuk orang tanpa gejala. Sekarang kita pakai fasilitas di Hotel Borobudur,” kata Intan.

Menurut Intan, untuk mencegah penularan Covid sebanyak 117 mahasiswa Universitas Tidar besok akan menjalani tes PCR. “Besok 117 mahasiswa Untidar akan di-test PCR. Diketahui ada kontak erat dengan mahasiswa yang sudah terpapar.”

Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari pihak Universitas Tidar soal mahasiswa yang tertular Covid. Sejumlah langkah dilakukan untuk mencegah penyebaran kasus di lingkungan kampus.   

Baca Juga: Alerta! RSD Wisma Atlet Kini Penuh, Ada 5 Ribu Pasien Covid-19 yang Dirawat

Kontributor : Angga Haksoro Ardi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait