alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jadi Pusat Perhatian, Silih Berganti Pejabat Nasional Datang ke Kota Solo, Karena Gibran?

Budi Arista Romadhoni Minggu, 25 Juli 2021 | 08:15 WIB

Jadi Pusat Perhatian, Silih Berganti Pejabat Nasional Datang ke Kota Solo, Karena Gibran?
Menag sungkem ke Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. [Twitter]

Kota Solo menjadi daerah istimewa, pejabat nasional silih berganti datang, apakah karena Wali Kota Gibran?

SuaraJawaTengah.id - Kota Solo menjadi magnet tersendiri. Pejabat Nasional silih berganti datang ke Kota yang dipimpin oleh anak Presiden Joko Widodo yaitu Gibran Rakabuming Raka

Hal itu mengindikasikan keistimewaan Kota Solo dibandingkan daerah lain yang ada di Tanah Air. 

Dilansir dari Solopos.com, pengamat politik UNS Solo, Agus Riewanto menyebut keistimewaan Solo di mata para pejabat pusat tidak lepas dari fakta kota ini yang merupakan daerah asal PresidenJokowi.

“Iya, [Solo] istimewa karena ada sejarah kotanya Presiden. Ada unsur populer politiknya,” ujar Agus di Solo, Sabtu (24/7/2021). 

Baca Juga: Epidemiolog Ungkap Kejanggalan Jokowi Blusukan Cari Obat Terapi Covid-19 di Apotek

Agus berpendapat melakukan kunjungan kerja di Solo sangat strategis bagi para pejabat pemerintah pusat. Selain untuk melaksanakan tugas, ada aspek branding dan pencitraan yang mengena ketika seorang pejabat berkunjung ke Kota Bengawan.

“Branding kena, citra meningkat, serta bisa mendapat perhatian Presiden. Artinya banyak keuntungan yang diperoleh dengan berkunjung ke Solo. Ada nilai pekerjaannya, punya nilai gengsi dan pencitraan. Jadi saling berkait,” terang dia.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma diam-diam blusukan di Kampung Baru, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Senin, (19/7/2021) sore. [Suara.com/Budi Kusumo]
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma diam-diam blusukan di Kampung Baru, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Senin, (19/7/2021) sore. [Suara.com/Budi Kusumo]

Solo Pusat Perhatian

Lebih jauh Agus melihat Solo telah menjadi center of attention public baik skala nasional maupun internasional, beberapa waktu terakhir. Ketika sebuah kegiatan dilakukan di Solo, gaungnya bisa mencapai masyarakat nasional maupun dunia.

“Solo itu kan perhatian publik nasional dan dunia. Sehingga apa pun yang terjadi di Solo gaungnya bisa sampai masyarakat internasional. Solo ini terkait PPKM Darurat Jawa-Bali juga sangat strategis karena berada di tengah-tengah,” sambung dia.

Baca Juga: Polisi Buru Penyebar Informasi Seruan Aksi Jokowi End Game

Berdasarkan catatan Solopos.com, sejumlah pejabat pusat ramai-ramai berkunjung ke Solo dalam beberapa bulan terakhir. Pada Juli 2021 ini saja Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri, Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo sudah dua kali ke Solo.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait