alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Butuh Kerja Keras Agar Bisa Lolos Jadi Abdi Negara, Ini Doa Jelang Ujian CPNS

Budi Arista Romadhoni Kamis, 29 Juli 2021 | 17:32 WIB

Butuh Kerja Keras Agar Bisa Lolos Jadi Abdi Negara, Ini Doa Jelang Ujian CPNS
Ilustrasi berdoa, shalat, ibadah. Ini doa jelang ujian CPNS. [Shutterstock]

Pendaftaran CPNS menjadi yang ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia

SuaraJawaTengah.id - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sudah ditutup pada Senin (26/7/2021).

Usai mendaftar CPNS pastinya akan melewati tes atau ujian.

Diketahui menjadi calon abdi negara masih dianggap sebagai pekerjaan yang paling aman dan sejahtera. Pendaftaran CPNS selalu ditunggu-tunggu. 

Untuk bisa lolos  dan diterima menjadi CPNS, tentunya harus diiringi usaha. Dari kemampuan pengetahuan hingga doa untuk memberikan semangat tes. 

Baca Juga: Ketahui 5 Amal Saleh dengan Pahala Paling Besar Bagi Umat Muslim

Dilansir dari nu.or.id, berikut ini merupakan doa yang bagus dibaca oleh mereka yang memiliki sedang memiliki hajat untuk kemaslahatan agama dan duniawinya. Doa ini juga bagus dibaca oleh orang yang sedang dirundung kesusahan. Doa ini juga dapat dibaca oleh mereka yang akan menghadapi ujian CPNS.

Syekh M Nawawi Banten menganjurkan orang yang sedang berhajat untuk membaca doa ini setelah sebelumnya melaksanakan shalat hajat 12 rakaat, tetapi 2 rakaat dinilai memadai.

Ayat 1 doa CPNS

Subhanalladz labisal ‘izza wa qala bih. Subhanalladz ta‘aththafa bil majdi wa takarrama bih. Subhana dzl ‘izzi wal karami. Subhana dzt thauli. As’aluka bi ma‘aqidil ‘izzi min ‘arsyika, wa muntahar rahmati min kitabika, wa bismikal a‘zhami, wa jaddikal a‘la, wa kalimatikat tammatil ‘ammatil lat layujAwuzuhunna birrun wa la fajirun an tushalliya ‘ala sayyidina Muhammadin wa ‘ala ali sayyidina Muhammadin.

Artinya, “Mahasuci Zat yang mengenakan keagungan dan berkata dengannya. Mahasuci Zat yang menaruh iba dan menjadi mulia karenanya. Mahasuci Zat pemilik keagungan dan kemuliaan. Mahasuci Zat pemilik karunia. Aku memohon kepada-Mu agar bershalawat untuk Sayyidina Muhammad dan keluarganya dengan garis-garis luar mulia Arasy-Mu, puncak rahmat kitab-Mu, dan dengan nama-Mu yang sangat agung, kemuliaan-Mu yang tinggi, kalimat-kalimat-Mu yang sempurna dan umum yang tidak dapat dilampaui oleh hamba yang taat dan durjana,” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 2002 M/1422 H], cetakan pertama, halaman 103-104).

Sementara berikut ini adalah doa Rasulullah SAW saat menghadapi kesusahan secara umum. Syekh M Nawawi Banten menganjurkan orang yang memiliki hajat untuk  membaca doa riwayat Bukhari dan Muslim ini. Seseorang seyogianya melakukan shalat dua rakaat dengan niat shalat hajat, shalat dua rakaat tahyyatul masjid, atau shalat sunnah dua rakaat apa pun itu sebelum doa riwayat Imam Bukhari, Imam Muslim, dan Imam At-Tirmidzi.

Baca Juga: Hikmah Pandemi COVID 19, Nikita Mirzani Kini Hobi Tahajud

doa cpns 2

L ilha illallhul halmul karmu, ‘azhmul halmu, l ilha illallhul ‘aliyyul ‘azhmu. subhna rabbil ‘arsyil ‘azhmi, walhamdu lillhi rabbil ‘lamna.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait