alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Duh! Komedian Qomar divonis Mengidap Kanker Usus, Ini Kondisinya

Budi Arista Romadhoni Jum'at, 01 Oktober 2021 | 09:52 WIB

Duh! Komedian Qomar divonis Mengidap Kanker Usus, Ini Kondisinya
Pelawak Qomar ditemui di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (22/3/2017) [suara.com/Wahyu Tri Laksono]

Komedian Qomar divonis mengidap kanker usus, begini kondisinya

SuaraJawaTengah.id - Kabar tidak membahagiakan datang dari Komedian Nurul Qomar. Ia baru-baru ini divonis mengidap kanker usus stadium 4C oleh dokter.

Menyadur dari Solopos.com, akibat penyakitnya tersebut, Qomar harus menjalani operasi.

“Dokter ahli memvonis kanker ganas ada di pencernaan usus besar dan usus halus dan sudah stadium 4C,” jelas Qomar, Jumat (1/10/2021).

Idap kanker usus, komedian Qomar tak bisa buang air besar atau BAB secara normal. Dia harus menggunakan alat bantu bernama stoma untuk mengeluarkan kotoran dari dalam tubuhnya.

Baca Juga: Nurul Qomar Derita Kanker Usus Sampai Tak Bisa BAB Lewat Anus, Kenali Gejalanya!

Qomar mengungkap gejala awal yang ia alami sebelum divonis dokter mengidap kanker usus. Ia sempat mengalami susah BAB selama satu bulan.

Selain itu, perutnya keras dan tak bisa kentut. “Satu waktu selama satu bulan itu tidak bisa buang air besar dan tidak bisa buang gas. Keras, [seperti] mau pecah,” ungkap dia.

Lalu, bagaimana sih gejala kanker usus seperti yang dialami komedian Qomar?

Diketahui, gejala awal kanker usus sangat sulit untuk diidentifikasi. Namun, masyarakat harus mewaspadai beberapa gejala, salah satunya, adalah sulitnya BAB yang disertai dengan perut kembung.

Perubahan saat buang air besar dan perut yang membesar ini, dikarenakan usus dipenuhi oleh tumor yang tentunya mempersulit BAB.

Baca Juga: Rizky Billar-Lesti Kejora Gandeng Pengacara, Eks Istri Samuel Rizal Diam-Diam Mualaf

Kemudian, pengidap akan mengalami BAB berdarah, dikarenakan pengidap kurang konsumsi makanan berserat. Feses akan berubah warna menjadi lebih gelap.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait