alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

SMRC: Suara Ganjar Pranowo Masih Unggul Dibanding Anies Baswedan pada Capres 2024

Ronald Seger Prabowo Kamis, 07 Oktober 2021 | 16:16 WIB

SMRC: Suara Ganjar Pranowo Masih Unggul Dibanding Anies Baswedan pada Capres 2024
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. (Dok: Pemprov Jateng)

Bahwa banyak faktor yang menentukan pemilih memilih seorang calon presiden.

SuaraJawaTengah.id - Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan diperkirakan akan mendapat suara terbanyak pertama dan kedua bila keduanya menjadi calon presiden 2024. 

Direktur Riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Deni Irvani menjelaskan bahwa banyak faktor yang menentukan pemilih memilih seorang calon presiden.

"Secara psikologis, kognisi (pengetahuan) tentang calon adalah syarat dasar bagaimana pemilih memilih," jelasnya, Kamis (7/10/2021). 

Menurutnya, pemilih memilih calon A bisa karena hanya tahu A, tidak tahu calon yang lain. Bila pemilih tahu semua calon yang bersaing maka yang menentukan bukan lagi ‘tahu’ tapi faktor lain, termasuk ‘suka’ pada calon. 

Baca Juga: Survei SMRC Jika Pilpres Digelar Hari Ini: Habib Rizieq Ungguli Puan Maharani

"Kondisi saat ini, tingkat pengetahuan publik pada nama-nama tokoh calon presiden belum merata," ujarnya. 
 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat ditemui wartawan di Ancol, Jakarta, Selasa (28/9/2021). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat ditemui wartawan di Ancol, Jakarta, Selasa (28/9/2021). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Meski demikian, dia meyakini pada hari H nanti pemilih akan tahu calon-calon yang maju karena jumlah calon sedikit dan biasanya sama-sama mampu melakukan sosialisasi secara masif. 

"Tidak akan ada perbedaan tingkat tahu calon bagi seorang pemilih,” katanya.  

Survei SMRC menemukan bahwa apabila pemilih tahu enam calon (Prabowo, Anies, Ganjar, Sandi, Ridwan, dan AHY), Ganjar konsisten unggul dari calon lain di semua simulasi. 

"Dalam simulasi semi terbuka 42 nama, Ganjar mendapat dukungan terbesar 24,3%, selanjutnya Anies 14,4%, Prabowo 11,4%, Sandi 6,1%, Ridwan Kamil 4,2%, AHY 3,2%, " ujarnya. 

Baca Juga: Jika Jadi Capres, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan Berpotensi Mendapat Suara Terbanyak

 Jika jumlah calon dikurangi menjadi 15 nama, Ganjar unggul dengan dukungan 28,2%, disusul Anies 16,5%, Prabowo 12,4%, Sandi 6,5%, Ridwan Kamil 5%, AHY 4%. 
  
"Dalam simulasi 8 nama, Ganjar juga unggul dengan dukungan 28,7%, disusul Anies 20,4%, Prabowo 13,6%, Ridwan Kamil 6,3%, Sandi 6,1%, dan AHY 4,7%," ucapnya. 
 
Data yang dihimpun oleh SMRC dalam pelbagai survei menunjukkan ada tiga nama yang selalu muncul di urutan teratas untuk calon presiden dukungan publik: Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait