alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Peringati Maulid Nabi dan Hari Santri 2021, Semen Gresik Gelar Istighosah

Budi Arista Romadhoni Kamis, 21 Oktober 2021 | 09:51 WIB

Peringati Maulid Nabi dan Hari Santri 2021, Semen Gresik Gelar Istighosah
Perwakilan Semen Gresik menyerahkan bantuan operasional kegiatan hari santri kepada asatidz dari Yayasan Nurul Huda yang berasal dari enam desa binaan SG di Rembang dan Blora, Jawa Tengah. [Dok Semen Gresik]

PT Semen Gresik melalui program SG Sahabat Santri menggelar dua kegiatan sekaligus yaitu peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H dan Hari Santri tahun 2021

SuaraJawaTengah.id - PT Semen Gresik (PTSG) melalui program SG Sahabat Santri menggelar dua kegiatan sekaligus yaitu peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H dan Hari Santri tahun 2021 di Musholla Barokatul Fallah Desa Timbrangan, Kec Gunem, Kab Rembang, pada Selasa (19/10/2021).

Kegiatan tersebut diikuti 34 asatidz atau guru Taman Pendidikan Quran (TPQ) perwakilan dari enam desa binaan PTSG di wilayah Kabupaten Rembang dan Blora. Peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri tahun ini diisi dengan istighosah atau doa bersama dan siraman rohani dari sesepuh yang mengusung tema santri yang menjaga kesucian hati, akhlak, dan tradisi luhur bangsa Indonesia, sesuai tema Hari Santri tahun 2021 yaitu Santri Siaga Jiwa Raga.

Kepala Unit Komunikasi dan CSR PTSG Dharma Sunyata mengungkapkan, peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri adalah momentum untuk menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai teladan dalam kehidupan keseharian, dan momentum mengobarkan spirit santri dan pesantren untuk tumbuh dan siap menghadapi perubahan zaman yang sangat cepat.

''Kita juga berharap melalui kegiatan ini, mampu memperkuat akhlak, meningkatkan ukhuwah serta toleransi antar-umat beragama di Kabupaten Rembang yang maju dan damai,'' kata Dharma dalam siaran persnya, Senin, 21 Oktober 2021.

Baca Juga: Semen Gresik Sabet Dua Penghargaan Predikat Gold dalam ISDA Award 2021

Ditambahkan Dharma, bulan Rabiul Awal adalah tonggak sejarah bagi umat manusia, karena di bulan tersebut dilahirkannya sosok pemimpin hebat yaitu Nabi Muhammad SAW yang membebaskan umat manusia dari kebodohan dan memberikan cahaya bagi dunia. 

Keberadaan santri pun yang setiap tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri memiliki peran strategis. Selain menjadi arus utama dalam pendidikan nasional, kontribusi santri yaitu berpartisipasi membangun Indonesia ke depan dengan penuh rahmatan lil’alamin.

Dharma menambahkan, peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri kali ini tetap dalam koridor penerapan protokol kesehatan yang ketat dengan jumlah personel terbatas, tetap menjaga jarak, dan wajib mengenakan masker.

“Peringatan tahun ini lebih sederhana, tapi tidak mengurangi kecintaan kita kepada Rasullulah SAW, ” tandasnya.

Ditegaskan Dharma, agenda Maulid Nabi dan Peringatan Hari Santri 2021 merupakan bentuk komitmen dan kepedulian PTSG kepada lingkungan dan sosial kemasyarakatan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Baca Juga: Semen Gresik Gelar Edukasi Kebencanaan dan Penanaman 2.250 Bibit Mangrove

Selama ini, lanjut dia, PTSG memberikan perhatian khusus kepada santri melalui program Semen Gresik Sahabat Santri yang tujuannya menyiapkan generasi Qurani. Bentuk dukungan itu melalui pendirian TPQ dan penguatan kapasitas ustadz dan ustadzah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait