alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wow! Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Raih Penghargaan di Higashikawa Youth Fest

Budi Arista Romadhoni Sabtu, 23 Oktober 2021 | 16:13 WIB

Wow! Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Raih Penghargaan di Higashikawa Youth Fest
Suasana Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Malaysia. [Dok Suara.com/Budi Arista Romadhoni]

Sekolah Indonesia yang berada di Kota Kinabalu Malaysia menorehkan prestasi pada ajang Higashikawa Youth Fest

SuaraJawaTengah.id - Prestasi membanggakan diraih oleh Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Malaysia. Meski tak berada di tanah air, sekolah khusus anak-anak para WNI ini bisa menorehkan penghargaan di ajang Internasional. 

Sekolah Indonesia Kinabalu menjadi salah satu pemenang dalam kategori "World’s Choice Award" pada ajang The 7th International High School Students’ Photo Festival Exchange atau Higashikawa Youth Fest.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh panitia Higashikawa Youth Fest yang berpusat di Higashikawa, Hokkaido-Jepang, sebagai sarana bertukar ilmu dalam bidang fotografi bagi pelajar dari seluruh dunia," ujar Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Dadang Hermawan dikutip dari ANTARA, Sabtu (23/10/2021). 

Dia mengatakan ajang pertukaran pelajar dalam bidang fotografi ini sudah kali ketujuh dilaksanakan.

Baca Juga: Cerita Nelayan Sumut yang Sempat Ditangkap Otoritas Malaysia

"Awalnya peserta yang lolos seleksi nasional di negara masing-masing akan dikirim ke Jepang, namun dalam dua tahun terakhir pelaksanaan kegiatan dilakukan secara daring karena kondisi pandemi di Jepang dan beberapa negara belum membaik," katanya.

Pada tahun 2021 ini Higashikawa Youth Fest meloloskan 21 peserta dari 19 negara yakni Indonesia, China, Korea, Taiwan, Thailand, Vietnam, Uzbekistan, Australia, Kanada, Latvia, Singapura, Finlandia, Mongolia, Rusia, Prancis, Laos, Luksemburg, Kolombia dan Jepang.

Untuk menjadi peserta, setiap negara akan melaksanakan seleksi di tingkat nasional dan akan memilih satu perwakilan juara dari salah satu sekolah untuk mewakili ke tingkat internasional.

"Di Indonesia kegiatan ini digawangi oleh international Youth Photo Festival Indonesia yang melaksanakan kegiatan seleksi nasionalnya pada Juni 2021," katanya.

Pada festival kali ini Indonesia diwakili oleh tim pelajar SMA dari Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) yang terdiri dari Muhammad Revandi Arnanto, Fauzan Hafiz dan Muhidin di bawah bimbingan guru sebagai chaperone, Frangky Kurniawan.

Baca Juga: 10 Nelayan Sumut yang Sempat Ditahan Otoritas Malaysia Tiba di Belawan

Tim Indonesia mendapatkan salah satu penghargaan juara sebagai "World’s Choice Award" bersama dengan tim Kolombia, sedangkan tim Mongolia yang menyabet gelar "Judges’ Choice Award" dan Taiwan yang mendapat penghargaan "Students and Teachers’ Choice Award".

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait