alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Semen Gresik Sharing Knowledge Strategi Perkuat Stakeholder Engagement

Budi Arista Romadhoni Senin, 08 November 2021 | 18:58 WIB

Semen Gresik Sharing Knowledge Strategi Perkuat Stakeholder Engagement
Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum PTSG, Gatot Mardiana, mengupas strategi stakeholder engagement perusahaan dalam materi yang disampaikannya secara virtual.[Semen Gresik]

Semen Gresik meraih berbagai apresiasidi bidang stakhodelder engagement

SuaraJawaTengah.id - Keberhasilan PT Semen Gresik (PTSG) meraih berbagai apresiasidi bidang stakhodelder engagement, mendorong korporasi melakukan sharing knowledge terkait  stratregi memperkuat pelibatan pemangku kepentingan.

Sharing dikemas melalui Webinar Learn and Share tentang langkah-langkah penguatan keterikatan dan kepercayaanstakeholderbertajuk 'How To Win Over Your Stakeholders' pada Jumat, 5 November 2021.

Webinar yang menghadirkan Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum PTSG Gatot Mardiana sebagai narasumber tersebut diikuti oleh ribuan peserta secaravirtual, mulai dari unsur karyawan hingga direksi di lingkungan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG).

Direktur Keuangan dan SDM PTSG Muchamad Supriyadi menjelaskan, webinar lebih ditekankan sebagai sharing knowledge atas pencapaian Semen Gresik dalam membangun komunikasi, kolaborasi,dan sinergitas denganstakeholdersehingga mendapatkan pengakuan dari Kementerian BUMN, dan berbagai badan/organisasi yang concern terhadap CSR, kehumasan,dan pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga: Semen Gresik Torehkan Prestasi Gemilang di Indonesia BUMN Awards 2021

''Kami menilai, stakeholder punya peran strategis untuk keberlanjutan bisnis perusahaan. Diperlukan komunikasi dan suasana harmonis agar kerjasama berjalan on the track dan saling menguatkan,'' kata Supriyadi dalam rilisnya, Senin (8/112021).

Supriyadi menilai, Gatot Mardiana sangat tepat menjadi narasumber dalam webinar ini karena memiliki pengalaman dalam pelibatan pemangku kepentingan dan punya kapasitas terkait perjalanan panjang developmentSemen Gresik, sejak berdiri hingga beroperasi secara komersial dan optimal.

Dikatakannya, pergulatan dan experience yang dimiliki Gatot dalam mengelaborasi berbagai pihak hingga PTSG memiliki tingkat kepuasan masyarakat yang tinggi, layak diserap dan dijadilkan pembelajaran bagi siapa saja yang ingin sukses dalam strategi pelibatan stakeholder.

Webinar 'How To Win Over Your Stakeholders’ berlangsung gayeng dan interaktif. Selaku pemateri tunggal, Gatot dengan taktis mengupas strategi stakeholder engagement hingga PTSG mendapat banyak apresiasi dan award di kompetisi nasional dan internasional.

Upaya stakeholder engagement, kata Gatot, dimulai dari proses identify, prioritize, visualize, engage,dan monitoring. Selanjutnya dilakukan strategi pendekatan melalui komunikasi personal, konsultasi, dialog, dan kemitraan. Selain itu ada upaya media relations melalui publisitas positif serta mengoptimalkan fungsi Rumah BUMN Rembang sebagai program community engagement bagi milienials dan komunitas.

Baca Juga: Semen Gresik Berikan P4L Awards Bagi Desa dengan Ketahanan Pangan Terbaik 2021

Tingkat keberhasilan merebut hati stakeholder, lanjut dia, juga harus diukur dengan metode Indeks Kepuasan Masyarakat dan Social Licence Index (SLI). ''Mengacu kajian Universitas Gadjah Mada, PTSG meraih hasil high approval dalam stakeholder engagement dengan skor SLI sebesar 3,94. Ini bukti keberhasilan Semen Gresik dalam program pemberdayaan masyarakat di sekitar perusahaan,’’ tandas Gatot.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait