facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jenderal Andika Perkasa akan Jadi Panglima TNI, KASAL: Saya Tetap Semangat, Harus Loyal

Budi Arista Romadhoni Selasa, 09 November 2021 | 18:21 WIB

Jenderal Andika Perkasa akan Jadi Panglima TNI, KASAL: Saya Tetap Semangat, Harus Loyal
Tangkapan layar ketika Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan pidato kunci dalam Seminar Internasional bertajuk “100 Years of International Cooperation in Hydrography” yang disiarkan secara langsung di platform Zoom Meeting, Senin (18/10/2021). [ANTARA/HO-Humas Pushidrosal]

KASAL memberikan tanggapan usai disetujuinya Jenderal Andika Perkasa yang akan dilantik menjadi Panglima TNI

SuaraJawaTengah.id - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) menyetujui usulan Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa

Diketahui, Presiden Joko Widodo hanya mengusulkan satu nama yaitu Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto. 

Menanggapi hal itu, Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan, TNI AL selalu loyal pada apa pun keputusan presiden dan sekaligus loyal serta mendukung kepemimpinan panglima TNI yang baru agar TNI semakin solid, modern, dan profesional.

"(Begitu) Surat Presiden ada dari Bapak Presiden, saat itu juga langsung saya sampaikan ke jajaran. Tidak sampai 15 menit (setelah itu) saya sampaikan ke jajaran bahwa kita harus loyal terhadap apa yang telah ditetapkan presiden karena presiden merupakan penguasa tertinggi TNI AD, TNI AL, maupun TNI AU, sehingga apa pun yang telah diputuskan (presiden) pasti keputusan terbaik untuk TNI dan terbaik untuk negara dan bangsa," kata KASAL dikutip dari ANTARA di Jakarta, Selasa (9/11/2021). 

Baca Juga: Top 5 SuaraJakarta: Teror Ledakan di Rumah Ortu Veronica Koman, 3 PR Andika Perkasa

Ia menyatakan, "TNI AL, sudah saya sampaikan kepada jajaran, bahwa kita harus loyal dan mendukung kepemimpinan Pak Andika Perkasa. Beliau adalah senior saya dan beliau tentunya yang terbaik karena telah terpilih menjadi panglima TNI".

Ia mengutarakan tanggapannya atas pencalonan hingga persetujuan DPR terhadap Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi calon panglima TNI yang baru menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

"Saya tetap semangat. tentara itu penilaiannya harus loyal, itu yang pertama kali. Kita harus loyal pada keputusan presiden, loyal pada panglima TNI yang baru, dengan program-programnya kita harus lebih menyesuaikan. Tentunya penegakan hukum dan kedaulatan di laut tetap tugas pokok TNI AL, kita lakukan semaksimal mungkin," katanya.

Harapan dia, "Tentunya TNI lebih solid, lebih maju, lebih profesional, modern karena saya sebagai kepala staf TNI AL pembina kekuatan tempur akan mendukung mewujudkan semaksimal mungkin TNI yang profesional, modern, dan tentunya tangguh".

Ia menyatakan, pembinaan kekuatan dan kemampuan merupakan tugas kepala staf dan panglima TNI sebagai pengguna.

Baca Juga: Punya Aset Properti di AS dan Australia, Berapa Total Kekayaan Andika Perkasa?

"Kami akan laksanakan dengan anggaran dan modernisasi alutsista yang ada, dilaksanakan semaksimal mungkin dan tentu hasilnya akan digunakan dalam operasionalisasi oleh panglima TNI. Dalam satu tahun anggaran ini sudah ada program kerja, sudah dibagi-bagi untuk SSAT TNI AL, ada yang beroperasi, perawatan dan pemeliharaan, dan lain sebagainya," kata dia.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait