alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Diguyur Hujan Lebat, Satu Rumah Nyaris Roboh di Solo

Erick Tanjung Rabu, 24 November 2021 | 19:24 WIB

Diguyur Hujan Lebat, Satu Rumah Nyaris Roboh di Solo
Bagian belakang rumah warga yang longsor akibat hujan lebat di Solo, Selasa (23/11/2021). Antara/Aris Wasita

"Saat itu terdengar suara gemuruh yang cukup keras dari bagian belakang rumah. Saat itu kami tengok bagian belakang ternyata temboknya sudah pedot," kata Rahmat.

SuaraJawaTengah.id - Hujan lebat Kota Solo, Jawa Tengah, pada Selasa (23/11), mengakibatkan satu rumah di Kampung Cinderejo Lor RT 02/RW 05, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, nyaris roboh.

Putra pemilik bangunan Rahmat di Solo, Rabu (24/11/2021) mengatakan kejadian tersebut terjadi pada pukul 17.45 WIB. Ia mengatakan pada saat itu seluruh anggota keluarga sedang berada di bagian depan rumah.

"Saat itu terdengar suara gemuruh yang cukup keras dari bagian belakang rumah. Saat itu kami tengok bagian belakang ternyata temboknya sudah pedot," kata Rahmat seperti dilaporkan Antara.

Ia mengatakan retakan yang muncul sepanjang delapan meter mulai dari lantai satu hingga lantai dua. Menurut dia, pondasi bagian belakang rumah sisi utara yang berbatasan dengan tempat usaha produksi tahu goreng milik warga lain sudah ambles.

Baca Juga: Wow! Presiden Jokowi Nobatkan Jateng Provinsi Terbaik Layanan Investasi Nasional 2021

"Kalau dilihat dari belakang ya bangunannya sudah nggak nempel ke pondasinya karena sudah ambrol. Sementara ini kami tidak ke dapur dan kamar mandi dulu karena takut roboh sewaktu-waktu," ujarnya.

Sementara itu, pondasi rumah tersebut juga menimpa bangunan semi permanen milik warga lain yang merupakan tempat produksi tahu goreng. Bahkan, pada saat kejadian pemilik usaha sedang beraktivitas di lokasi tersebut.

Menurut Ketua RT 02/RW 05 Siswanto mengatakan pemilik usaha sempat menyelamatkan diri dan hanya luka ringan.

"Karena sebagian lokasi usaha sudah tertimpa longsor akhirnya kami bersama warga gotong-royong untuk membongkar lokasi usaha tahu ini," katanya.

Lurah Gilingan Joko Partono mengatakan longsor tersebut terjadi di kawasan bantaran Kali Anyar Solo. Menurut dia, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka sudah meninjau lokasi longsor.

Baca Juga: Satpol PP Kota Solo Buru 'Cahyo' Vandalisme di Flyover Purwosari

"Sesuai arahan beliau, segera dilakukan pemberian bantuan baik untuk pemilik usahanya maupun pemilik bangunan yang mengalami kerusakan itu," tuturnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait