facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kisah Calon Haji Termuda Asal Banyumas, Berumur 18 Tahun, Berangkat Menggantikan Ayahnya yang Sudah Meninggal

Budi Arista Romadhoni Rabu, 22 Juni 2022 | 11:52 WIB

Kisah Calon Haji Termuda Asal Banyumas, Berumur 18 Tahun, Berangkat Menggantikan Ayahnya yang Sudah Meninggal
Calon Haji termuda, Muhammad Isa Al Arsari (18) asal Kabupaten Banyumas saat akan berangkat ke Asrama Haji Donohudan dari GOR Satria Purwokerto, Rabu (22/6/2022). [Suara.com/Anang Firmansyah]

Muhammad Al Isa Al-Atsari (18) tahun ini berangkat untuk menjadi salah satu calon jamaah haji kloter 29 asal Kabupaten Banyumas, ia menjadi jamaah termuda di Banyumas

SuaraJawaTengah.id - Calon Haji asal Desa Petarangan, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas, Muhammad Al Isa Al-Atsari (18) tahun ini berangkat untuk menjadi salah satu calon jamaah haji kloter 29 asal Kabupaten Banyumas. Ia menjadi calon haji termuda asal Kabupaten Banyumas yang berangkat dari Asrama Haji Donohudan.

Tak pernah sebelumnya terbayangkan oleh Isa akan berangkat haji di usianya yang sangat muda. Terlebih saat ini daftar tunggu untuk pemberangkatan haji di Indonesia selama 30 tahun.

Kisah ini bermula karena Isa mendapat amanah dari ibunya untuk menggantikan ayahnya yang telah wafat setahun lalu. Jika tidak terkendala pandemi, seharusnya orangtuanya bisa berangkat haji tahun 2020. Namun ketetapan Allah memiliki alur cerita lain.

"Ayah saya meninggal setahun lalu karena serangan jantung. Ibu saya memberi amanah kepada saya untuk menggantikan. Karena kakak saya perempuan dan adik saya masih berusia 17 tahun," kata anak ketiga dari empat bersaudara ini, Rabu (22/6/2022).

Baca Juga: 32.374 Jamaah Calon Haji Indonesia Tiba di Mekkah

Ia mengaku senang bercampur sedih saat berada di kursi bus sebelum berangkat ke Asrama Haji Donohudan dari GOR Satria Purwokerto. Meski begitu ia mengaku siap untuk menunaikan rukun islam yang kelima.

"Rasanya senang, ya susah ya sedih. Sedihnya karena bapak tidak bisa berangkat (haji). Sudah meninggal setahun lalu. Saya yang menggantikan bareng ibu," akunya.

Saat ini ia berprofesi sebagai pengajar ngaji di Pondok Pesantren Riyadhush Shalihin. Ia baru saja menyelesaikan studi islamnya dari sebuah ponpes di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

"Saya tidak ada persiapan khusus. Tapi alhamdulillah ada bekal sedikit-sedikit dulu saat di pondok. Insyaallah saya siap dan semoga bisa kembali menjadi haji yang mabrur bersama ibu saya," terangnya.

Berdasarkan data dari Kementerian Agama Kabupaten Banyumas pada Selasa (21/6/2022) malam, ada 53 calon jamaah haji asal Banyumas yang diberangkatkan menuju Asrama Haji Donohudan dari GOR Satria Purwokerto.

Baca Juga: Jamaah Calon Haji Rochma Erviana Prastyawati Meninggal Dunia di Arab Saudi karena Serangan Jantung

Mereka terdiri dari 24 laki laki dan 29 perempuan dengan calon haji termuda Rahajeng Prambudi Nurmaindah (34) dan tertua Kunarso Yugo Saputro (64). Mereka akan bergabung dengan calon jamaah haji asal Kebumen.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait