facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Erick Thohir Berikan Kuliah Umum di Unsoed, Mahasiswa Bentangkan Poster: My Pertamina Apakah Solusi?

Budi Arista Romadhoni Selasa, 05 Juli 2022 | 16:51 WIB

Erick Thohir Berikan Kuliah Umum di Unsoed, Mahasiswa Bentangkan Poster: My Pertamina Apakah Solusi?
Sejumlah mahasiswa membentangkan poster bernada kritikan kepada Erick Thohir saat mengisi kuliah umum di Unsoed Purwokerto, Selasa (5/7/2022). [ISTIMEWA]

Mahasiswa Unsoed mempertanyakan kebijakan pendataan pengguna BBM Bersubsidi melalui My Pertamina saat Menteri BUMN Erick Thohir memberikan kuliah umum

SuaraJawaTengah.id - Menteri BUMN, Erick Thohir mengisi materi kuliah umum di Auditorium Graha Widyatama, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Selasa (5/7/2022). Ada sekitar 4.000 mahasiswa Unsoed yang hadir pada kuliah umum tersebut.

Di hadapan mahasiswa dan sivitas akademika, Erick Thohir menyampaikan materi dengan tema "Kolaborasi BUMN dan Perguruan Tinggi Dalam Menciptakan Generasi Digital Di Era Disrupsi". 

Meski begitu beredar foto-foto dari tribun belakang membentangkan poster bernada sindiran terkait kebijakan Kementrian BUMN yang menimbulkan polemik. Salah satunya spanduk bertuliskan 'My Pertamina adakah solusi?'.

Ketika dikonfirmasi, Presiden BEM Unsoed, Alfan Maulana Akbar membenarkan aksi tersebut. Menurutnya pembentangan poster tersebut berlangsung saat Erick Thohir memberi materi.

Baca Juga: Hari Pertama Fuel Card di SPBU Ini di Bontang, BBM Disebut Tak Habis, Banyak Sopir yang Tak Punya?

"Iya betul ada peristiwa itu (pembentangan poster) dan kami baru tahu setelah acaranya selesai. Waktunya itu pas Pak Erick Thohir ngasih kuliah umum," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (5/7/2022).

Meski begitu, ia belum mengetahui organisasi mana yang melakukan aksi protes ini. Aksi itu, diluar kendali dari BEM Unsoed. Namun yang jelas, aksi tersebut dilakukan oleh mahasiswa atas nama penyampaian aspirasi.

"Setahu saya dari mahasiswa Unsoed. Tapi untuk organisasinya belum tahu karena masih dikonfirmasi lagi. Dari BEM Unsoed tidak melakukan pembentangan poster. Sepertinya dari keresahan dan aspirasi mahasiswa saja," jelasnya.

Saat kejadian, Alfan mengaku sedang berada di lokasi. Namun ia tidak mengetahui secara langsung kejadian tersebut karena keterbatasan pandangan. Dirinya mendengar informasi adanya dugaan tindakan fisik dari panitia.

"Sayangnya tadi saya dengar ada informasi ada perampasan poster dan tindakan fisik dari panitia," terangnya.

Baca Juga: Viral Sederet Potret Mobil Mewah Isi BBM Subsidi Picu Sindiran, Publik: Pantesan Sekarang Disuruh Pakai MyPertamina

Menurutnya, poster tersebut berisikan kritik kebijakan rencana penggunaan aplikasi My Pertamina untuk mengisi BBM jenis Pertalite. Dari BEM Unsoed juga rencananya akan membuat keterangan resmi terkait kejadian ini.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait