Ronald Seger Prabowo
Seekor harimau benggala melompat ke atap kandang yang sangat dekat dengan pagar pengunjung dk kebun binatang Banjarnegara. [Istimewa]

SuaraJawaTengah.id - Warga yang berkunjung ke kebun binatang Serulingmas  Zoo dikagetkan dengan adegan tak terduga, Sabtu (25/12/2021).

Pasalnya, salah satu koleksi satwa harimau Benggala sempat nyaris lepas ketika lompat ke atap.

Informasi tersebut dibenarkan oleh pihak Serulingmas Zoo, melalui tim marketing Nur Rohman. "Iya, informasi tersebut betul, "ungkap dia saat dihubungi Suarasurakarta.id.

Harimau Benggala melompat ke atap dengan ketinggian 5 meter. Atap kandang tersebut sangat dengan ventilasi  display atau pagar, sehingga menimbulkan keadaan darurat, Sabtu (25/12/2021).

Baca Juga: Duh! Selama 2021 ada 433 Kejadian Lakalantas di Banjarnegara, 51 Orang Meninggal Dunia

Peristiwa tersebut terjadi pada pukul 13.15 WIB. Pihaknya menduga, aksi binatang yang dikenal buas ini sedang mengalami masa birahi atau musim kawin.

Petugas yang menemukan kejadian tersebut langsung melakukan evakuasi wisatawan yang berkunjung. Pengunjung diarahkan untuk segera meninggalkan objek wisata melalui jalur evakuasi yang telah ditentukan.

Disisi lain, petugas juga melakukan upaya evakuasi harimau dengan mendorong harimau menggunakan tongkat agar harimau kembali turun. Namun upaya tersebut tak membuahkan hasil.

Kemudian, perawat satwa bersiap menggunakan bius tulup dan obor untuk mencegah harimau turun ke luar area kandang. Selain itu, jaring juga disiapkan untuk menangkap harimau jika keluar area kebun binatang.

Setelah kurang lebih satu jam evakuasi, Harimau kembali turun ke kandang display pada pukul 14.20 WIB.

Baca Juga: Usir Harimau Sumatera dari Pemukiman Warga Agam, BKSDA Sumbar Pasang Kandang Jebak

Seluruh pengunjung, karyawan, serta pedagang berhasil dievakuasi dengan aman sehingga tidak ada
korban dalam peristiwa tersebut.

Atas kejadian tersebut, pihak Serulingmas Zoo akan melakukan evaluasi agar kejadian serupa tidak terulang kembali. 

Pihaknya mengungkapkan, peristiwa ini baru pernah terjadi sejak 23 tahun serulingmas zoo berdiri.

"Kami segenap management Serulingmas Zoo meminta maaf kepada seluruh pengunjung karena telah menimbulkan ketidaknyamanannya selama berwisata. Selama libur natal dan tahun baru serulingmas zoo tetap buka, dan kami menjamin keamanan serta keselamatan pengunjung selama berwisata," pungkasnya.

Kontributor : Citra Ningsih

Komentar