Hadapi Musim Mudik Lebaran, Jalur Selatan Jawa Mulai Dibenahi

Bangun Santoso
Hadapi Musim Mudik Lebaran, Jalur Selatan Jawa Mulai Dibenahi
Ilustrasi pekerja melakukan proses perbaikan jalan.

Perbaikan meliputi penambalan, pengecoran dan pemasangan rigit beton di sejumlah ruas jalur selatan Jawa hingga perbatasan Jateng-Yogyakarta

Suara.com - Sejumlah pembenahan dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di jalur selatan Jawa pada ruas Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah sampai batas Yogyakarta.

Perbaikan jalan itu dilakukan untuk menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2019 ini. Satu di antaranya adalah melakukan pengecoran atau rigit beton pada sejumlah titik.

Menurut Kodir, selaku Pengawas Lapangan Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Jateng, ada dua titik jalan yang tengah dilakukan pengecoran. Masing-masing jalur selatan Jawa di wilayah Kecamatan Wangon dan Kemranjen, Kabupaten Banyumas.

“Untuk yang di Wangon, rigit beton sepanjang 800 meter. Sedangkan yang di Kemranjen, itu satu kilometer," ujar Kodir, Jumat (3/5/2019).

Sesuai rencana, pengerjaan itu akan tuntas sebelum arus mudik tiba. Karena itu, proses pengerjaannya digencarkan.

“Yang (pengecoran) di Wangon, sudah menyelesaikan satu lajur. Mudah-mudahan perkembangan cuaca tetap mendukung, sehingga bisa segera tuntas," katanya.

Selain pengecoran, pihaknya juga melakukan perbaikan jalan berlubang dengan penambalan. Pengerjaan dilakukan secara rutin oleh sejumlah pekerja, lengkap dengan peralatannya. Termasuk juga perbaikan saluran drainase dan fasilitas pendukung jalan lainnya.

"Yang pasti, kami terus berupaya melakukan pembenahan semaksimal mungkin, guna menunjang keamanan dan kenyamanan pengendara, terutama saat arus mudik dan balik Lebaran," imbuh Kodir.

Kontributor : Teguh Lumbiria

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS