Rukyatul Hilal di Pantai Ayah Terhalang Kabut, Ini Penjelasan BHRD Banyumas

Chandra Iswinarno
Rukyatul Hilal di Pantai Ayah Terhalang Kabut, Ini Penjelasan BHRD Banyumas
Petugas dari Kementerian Agama dan PBNU melakukan pengamatan hilal di atas salah satu tower Apartemen di Jakarta, Minggu (5/6).

Rukyatul hilal di pantai sebenarnya cukup strategis. Sebab posisi ufuknya dengan posisi pemantauan itu rata.

Suara.com - Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah telah melakukan rukyatul hilal (melihat hilal) di Pantai Ayah, Kabupaten Kebumen, Minggu (5/5/2019).

Usaha melihat tanda masuknya awal Ramadan 1440 Hijriyah tersebut, dilakukan bersama-sama dengan BHRD Kabupaten Kebumen, selaku tuan rumah. Sejumlah kabupaten tetangga, seperti Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara menggabung ke sana.

Namun sayang, hasilnya belum sesuai harapan. Kabut telah menghalangi usaha mereka dalam melihat tanda awal bulan puasa itu.

"Sebenarnya di sana peralatannya lengkap dan bagus. (Selain BHRD) Ada BMKG se Jawa Tengah ada di sana, tadi. Cuma, suasananya di sana, tadi terhalang kabut. Jadi tidak bisa melihat (hilal)," kata Ketua BHRD Kabupaten Banyumas, Agus Setiawan, saat dikonfirmasi Suara.com, Minggu (5/5/2019).

Menurut informasi yang diperoleh pihaknya, hilal justru terlihat di daerah lain di Jawa Tengah.

"Yang bisa melihat (hilal), tadi di Brebes," kata dia.

Disampaikan, rukyatul hilal di pantai sebenarnya cukup strategis. Sebab posisi ufuknya dengan posisi pemantauan itu rata.

Berbeda dengan pelaksanaan di kawasan perbukitan. Bila di lokasi seperti itu, belum tentu posisinya akan selaras dengan ufuk, atau batas rata-rata posisi matahari akan tenggelam.

"Cuma kendalanya kalau di pantai selatan, itu kabut, karena gelombangnya tinggi. Gelombang tinggi itu kan mengakibatkan benturan ombak dengan daratan, kan jadinya kepyur. Kepyur inilah yang menimbulkan uap," kata dia.

Namun demikian, apapun hasilnya, pelaksanaan rukyatul hilal akan dilaporkan kepada Pemerintah Pusat.
"
"Jadi hasilnya, melihat ataupun tidak melihat (hilal), kita laporkan ke Pusat," kata dia.

Kontributor : Teguh Lumbiria

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS