Sepotong Kenangan Indah Pembatik Difabel Boyolali akan Sosok Ani Yudhoyono

Bangun Santoso
Sepotong Kenangan Indah Pembatik Difabel Boyolali akan Sosok Ani Yudhoyono
Ayu Trihandayani pembatik difabel asal Boyolali punya kenangan indah bertemu Ani Yudhoyono. (Suara.com/Ari Purnomo)

Ani Yudhoyono amat kagum akan bakat dan ketekunan Ayu, pembatik difabel asal Boyolali

Suara.com - Rasa kehilangan atas meninggalnya istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono tak hanya dirasakan oleh keluarga. Namun juga rakyat Indonesia, tak terkecuali oleh Ayu Tri Handayani.

Ayu begitu ia akrab disapa, merupakan pembatik difabel asal Desa Sawahan RT 001 RW 001, Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah.

Pada waktu 2012 lalu, perempuan dengan rambut bergelombang itu pernah bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta ibu negara Ani Yudhoyono. Kala itu, Ayu tengah mengikuti pameran batik skala nasional di Jakarta. Tepatnya di Jakarta Convention Center (JCC).

Pada kesempatan itu, stan Ayu mendapatkan perhatian dari banyak pengunjung. Tak terkecuali dari SBY dan Bu Ani. Keahliannya dalam membatik menggunakan kaki begitu mengagumkan. Banyak pengunjung yang begitu memuji bakat dari Ayu tersebut. Bahkan SBY yang saat itu berbincang dengan Ayu memuji cara Ayu dalam membatik.

Selama ini, para pembatik menggunakan tangan. Tetapi, Ayu yang terlahir difabel dan tidak mempunyai kedua lengan begitu ahli dalam membatik. Meskipun proses membatik itu dilakukannya menggunakan kaki kanannya. Dan hasil batik Ayu pun tidak kalah dengan hasil batik orang normal.

"Bu Ani datang ke stan saya. Beliau mengagumi karya batik saya," ujar Ayu saat ditemui di rumahnya, Sabtu (1/6/2019).

Tidak hanya mengagumi karyanya, Ayu mengatakan, ibu Ani juga memberikan dorongan dan semangat terhadapnya. Meski baru sekali bertemu, tetapi Ayu merasakan kesan yang berbeda dari seorang ibu negara.

"Beliau memberikan semangat kepada saya, agar tidak menyerah dan terus berusaha. Beliau merupakan sosok yang cukup baik dan tidak membeda-bedakan," kenang Ayu.

Mengetahui Ani Yudhoyono meninggal dunia, Ayu pun sangat merasa kehilangan. Meski perbincangan antara dirinya dan ibu negara waktu itu tidak berlangsung lama, tetapi Ayu merasa bagaimana kedekatan dengan sosok ibu negara tersebut.

Kontributor : Ari Purnomo

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS