Seratusan Santri Asal Banyumas Menuju Rumah Mbah Moen di Rembang

Chandra Iswinarno
Seratusan Santri Asal Banyumas Menuju Rumah Mbah Moen di Rembang
Attaujieh Al Islamy Dusun Leler, Desa Randegan Banyumas menumpangi bus menuju Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang. [Suara.com/Teguh Lumbiria]

Sebelumnya pimpinan Ponpes Attaujieh Al Islamy, yang juga putra menantu Mbah Moen, Zuhrul Anam terlebih dulu berangkat usai zuhur.

Suara.com - Keluarga besar Pondok Pesantren (Ponpes) Attaujieh Al Islamy Dusun Leler, Desa Randegan, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (6/8/2019) siang merapat ke rumah duka Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Maimoen Zubair bah Moen yang berada di Kompleks Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang.

Pimpinan Ponpes Attaujieh Al Islamy, yang juga putra menantu Mbah Moen, Zuhrul Anam terlebih dulu berangkat usai zuhur menggunakan kendaraan pribadi.

Selang beberapa waktu kemudian, kisaran pukul 14.30 WIB rombongan keluarga besar ponpes menyusul menggunakan bus. Terhitung ada dua bus yang mengantarkan rombongan dengan titik pemberangkatan di depan SMA Islam Andalusia.

Kepala Madrasah Ponpes Attaujieh Al Islamy Agus Hilmy Mubarok mengatakan keluarga besar ponpes yang berangkat ke Rembang sekitar 100 orang.

"Itu yang jelas dari sebagian keluarga, pengurus, tokoh dan sebagian santri sini," kata Agus saat ditemui Suara.com jelang pemberangkatan.

Sementara itu, sebagian pengurus dan para santri tetap berada Ponpes Attaujieh Al Islamy. Sudah diagendakan, di pondok itu akan digelar doa bersama untuk almarhum Mbah Moen.

"Nanti malam di sini dilaksanakan salat gaib, tahlilan dan tadarus Alquran sampai khatam," sambung Agus.

Diketahui, sesepuh Nahdlatul Ulama sekaligus tokoh senior PPP serta pimpinan Ponpes Al-Anwar Sarang, Rembang KH Maimun Zubair atau Mbah Moen dikabarkan meninggal dunia di Makkah, Arab Saudi pada Selasa (6/8/2019) pagi ini.

Diketahui, Mbah Moen wafat saat menjalankan ibadah haji. Dirinya berangkat ke Tanah Suci pada 27 Juli 2019 lalu. Ia bahkan sempat bertemu ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk berpamitan karena hendak menunaikan ibadah haji.

Dilansir dari Antara, Selasa (6/8/2019) pagi, Menteri Agama sekaligus Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin takziyah KH Maimun Zubair yang menghembuskan napas terakhir di RS An Noer, Mekkah.

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin langsung bergegas ke RS An Noer, Mekkah, Selasa pagi waktu setempat ketika mendapatkan kabar berpulangnya kiai yang akrab disapa Mbah Moen itu.

Kontributor : Teguh Lumbiria

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS