Peringati Kemerdekaan, Seribuan Siswa SD Kibarkan Bendera di Monjari

Bangun Santoso
Peringati Kemerdekaan, Seribuan Siswa SD Kibarkan Bendera di Monjari
Peringatan HUT Kemerdekaan oleh ribuan siswa SD di Solo. (Suara.com/Ari Purnomo)

Para siswa SD itu berasal dari lima sekolah di Solo

Suara.com - Seribuan siswa SD dari lima sekolah di Solo mengibarkan bendera Merah Putih di Monumen Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Kamis (15/8/2019). Kegiatan ini dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-74.

Para siswa yang terlibat dalam pengibaran bendera massal itu berasal dari SD Negeri Cemara Dua, SD Lazuardi Kamila, SD Kristen Widya Wacana, SD Kristen Banjarsari dan SD Negeri Kestalan.

Setiap sekolah mengirimkan 200 siswanya untuk mengikuti kegiatan bendera. Dengan didampingi oleh para guru, siswa membawa bendera yang dipasang pada tongkat. Selanjutnya mereka menempati posisinya di sisi selatan monumen.

Dengan diawali aba-aba para siswa dari berbagai sekolah itu mengibarkan bendera yang dibawanya. Siswa tampak semangat dan penuh kegembiraan saat mengikuti kegiatan.

Tidak hanya mengibarkan bendera, para siswa juga mengikuti berbagai kegiatan lain. Seperti mengheningkan cipta, menyanyikan lagu kemerdekaan, membaca puisi dan memberikan cinderamata kepada salah seorang pahlawan.

Kegembiraan juga dirasakan oleh Farhan Nur Ikhwan (11). Siswa kelas 5 SD Negeri Cemara Dua itu mengaku, sangat senang mengikuti kegiatan ini. Selama ini, dirinya belum pernah mengikuti kegiatan yang diikuti berbagai sekolah.

"Biasanya kan menyambut kemerdekaan ada berbagai kegiatan, seperti lomba, tirakatan dan juga kegiatan lain. Ini ada kibar bendera bersama begitu bagus. Menambah semangat," katanya.

Sementara itu, seksi acara, Pri Utomo yang juga guru SDN Cemara Dua mengatakan, kegiatan ini adalah untuk menanamkan semangat pada para generasi penerus bangsa.

"Kami mengajak agar para siswa ini mencintai bendera merah putih, mencintai negaranya. Kegiatan ini, kami harapkan dapat memberikan pemahaman kepada para siswa mengenai perjuangan para pahlawan. Sehingga mereka terdorong untuk terus menjaga negara ini," katanya.

Kontributor : Ari Purnomo

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS