Perayaan HUT RI, Turis Asal Belgia Ikut Lomba Tangkap Lele di Banyumas

Chandra Iswinarno
Perayaan HUT RI, Turis Asal Belgia Ikut Lomba Tangkap Lele di Banyumas
Bule ikut lomba tangkap lele di Banyumas dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Sabtu (17/8/2019). [Suara.com/Teguh Lumbiria]

Bule-bule yang usianya masih remaja tersebut justru canggung mendapati air kolam yang keruh.

Suara.com - Suasana lomba tangkap lele dalam peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Desa Kemutug Lor, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (17/8/2019) sore mendadak riuh.

Mereka kedatangan sejumlah bule asal Belgia yang ikut menjadi peserta lomba lele dalam rangka HUT ke-74 Republik Indonesia.

Lomba tangkap lele digelar di kolam ikan warga, dengan kedalaman air sekitar 30 centimeter. Setiap peserta dibebaskan untuk berebut menangkap ikan sebanyak-banyaknya.

Keseruan sudah terasa sejak lomba dimulai. Tidak seperti peserta dari warga lokal yang langsung masuk kolam untuk mencari lele. Bule-bule yang usianya masih remaja tersebut justru canggung mendapati air kolam yang keruh. Dalam kondisi seperti itu, seorang di antaranya mendorong bule lainnya hingga tercebur ke kolam. Alhasil, mereka masuk ke kolam sudah dalam kondisi basah kuyup.

Di dalam kolam, keseruan juga terjadi ketika mereka saling siram air. Beberapa di antaranya sampai terjatuh hingga bergumul dengan lumpur. Keseruan kembali terjadi saat mereka berhasil menangkap lele. Sesekali mereka ketakutan, sehingga lele pun kembali terlepas.

Beruntung, beberapa warga lokal ikut membantu, sehingga mereka berhasil menangkap secara sempurna.

“Hore, akhirnya berhasil juga,” kata seorang peserta bule dalam bahasa Inggris.

Ketua Panitia Lomba Sultriyani mengatakan lomba tangkap ikan lele digelar dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Lomba sudah rutin diselenggarakan tiap tahun.

“Tapi baru kali ini melibatkan bule secara langsung supaya lebih berkesan dan tampil beda,” kata Sutriyani kepada Suara.com di lokasi.

Bule-bule tersebut merupakan warga Belgia yang tengah berlibur ke Lokawisata Baturraden. Mereka yang berjumlah 9 orang itu merupakan pelajar dan mahasiswa di negaranya.

“Ada 100 kilogram lele yang ditebar, jadi jumlahnya sampai ratusan ekor lele di kolam,” kata Sutriyani.

Kontributor : Teguh Lumbiria

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS