Hadirkan 74 Narasumber, BPIP Gelar Seminar Serentak di 13 Lokasi Kota Solo

Chandra Iswinarno
Hadirkan 74 Narasumber, BPIP Gelar Seminar Serentak di 13 Lokasi Kota Solo
Atlet Lari Lalu Muhammad Zohri saat menjadi nara sumber Seminar yang diadakan BPIP di Fakultas Keolahragaan UNS. [Suara.com/Ari Purnomo]

Seminar nasional ini mengadirkan 74 narasumber yang sebelumnya terpilih menjadi ikon apresiasi prestasi Pancasila.

Suara.com - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengadakan seminal nasional nasional bertema Pancasila Sebagai Platform Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Seminar ini digelar serentak di 13 titik yang tersebar di kampus Universitas Sebelas Maret (UNS).

Seminar nasional ini mengadirkan 74 narasumber yang sebelumnya terpilih menjadi ikon apresiasi prestasi Pancasila. Plt Ketua BPIP Hariyono menjelaskan kegiatan tersebut merupakan pengarus utamaan Pancasila.

"Kita mulai dari UNS sebagai benteng Pancasila, kalau ini berhasil kita akan mensosialisasikan ke perguruan tinggi lainnya. Dan hari ini seminar diadakan di 13 titik, 12 di fakultas Dan 1 di Pascasarjana," terangnya, Senin (19/8/2019).

Selain itu, seminar nasional juga diadakan di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT). Dengan adanya seminar serentak di 13 titik ini, Hariyono berharap, Pancasila sebagai roh gotong royong tidak direduksi hanya sekadar kerja bakti.

"Tapi juga kerja utama bersama untuk mencapai nilai-nilai yang mulia. Ini kita butuhkan karena ternyata di ruang publik ada kesan kita kekurangan teladan, padahal secara de facto banyak yang dari perguruan tinggi," tambahnya.

Sementara dihadirkannya ikon apresiasi prestasi Pancasila ke kampus, kata Hariyono, agar kampus bisa menjadi sumber peradaban yang tercermin dalam ideologi Pancasila. Cermin ideologi Pancasila adalah ideologi masa depan untuk memberikan harapan.

Sementara, Direktur Sosialisasi Komunikasi dan Jaringan, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Aris Heru Utomo mengatakan, untuk pemberian penghargaan ikon apresiasi prestasi Pancasila akan diadakan di De Tjolomadoe, Senin (19/8/2019) malam.

"Pemilihan Solo ini adalah untuk semakin mengenalkan De Tjolomadoe," katanya. Ari Purnomo

Atlet Lari Lalu Muhammad Zohri saat menjadi nara sumber Seminar yang diadakan BPIP di Fakultas Keolahragaan UNS.

Kontributor : Ari Purnomo

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS