Bersihkan Pekarangan, Warga Sragen Temukan Mortir Aktif

Chandra Iswinarno
Bersihkan Pekarangan, Warga Sragen Temukan Mortir Aktif
Mortir aktif dengan seri M19 yang ditemukan oleh tukang batu Sagiyanto. [Istimewa]

Sekitar pukul 08.00 WIB saat membersihkan pekarangan, Sagiyanto melihat ada sebuah benda aneh mirip botol.

Suara.com - Satu mortir ditemukan di pekarangan milik Dwijo Sarono (75) warga Dukuh Gilis RT 06, Desa Katelan, Tangen, Sragen, Jawa Tengah (Jateng) pada Jumat (30/8/2019). Mortir yang masih aktif itu ditemukan oleh seorang tukang batu, Sagiyanto (57) saat membersihkan pekarangan tersebut.

Dari informasi yang diperoleh Suara.com menyebut, awalnya Sagiyanto diminta membuat pagar pembatas di pekarangan. Sekitar pukul 08.00 WIB saat membersihkan pekarangan, Sagiyanto melihat ada sebuah benda aneh mirip botol.

Benda tersebut sebagian tertimbun tanah dan hanya kelihatan setengahnya saja. Sagiyanto pun penasaran dan ingin mengetahui benda aneh itu. Betapa kagetnya Sagiyanto saat mengetahui ternyata benda yang ditemukannya adalah sebuah mortir.

Khawatir terjadi apa-apa, Sagiyanto pun melaporkannya kepada kepolisian. Temuan ini pun dilanjutkan kepada tim Gegana Brimob. Mendapat laporan itu, tim Brimob yang dipimpin oleh Iptu Marutojo mendatangi lokasi untuk melakukan investigasi.

Dan diketahui bahwa mortir yang ditemukan oleh Sagiyanto adalah mortir aktif dengan seri M19. Kasubag Humas Polres Sragen AKP Agus Jumadi mengungkapkan, mortir tersebut memiliki lingkar atau diameter 60 milimeter.

"Oleh tim Jihandak, mortir berhasil dijinakkan dan diledakkan di area persawahan yang ada di Dukuh Janglot, Desa Katelan," katanya kepada Suara.com.

Agus menambahkan, lahan tersebut merupakan milik seorang veteran. Rencananya, pemilik rumah hendak membuat pagar pembatas.

"Tetapi saat tukang batu melakukan pembersihan, dia menemukan benda aneh. Setelah dilihat lebih teliti ternyata sebuah mortir dan langsung melaporkan kepada pihak kepolisian," katanya.

Kontributor : Ari Purnomo

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS