Gibran Sebut Solo Butuh Sentuhan Anak Muda, Isyarat Maju Pilwalkot 2020?

Chandra Iswinarno
Gibran Sebut Solo Butuh Sentuhan Anak Muda, Isyarat Maju Pilwalkot 2020?
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan Putra Sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka di Loji Gandrung, Kota Solo. [Suara.com/Ari Purnomo]

Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo menyampaikan, Gibran juga sempat bertanya tentang mekanisme pencalonan (Pilwalkot Solo).

Suara.com - Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka seperti mengisyaratkan bakal maju dalam ajang Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo.

Isyarat ini disampaikan Gibran usai bertemu dengan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo di rumah dinas Loji Gandrung, Rabu (18/9/2019) siang.

Pada kesempatan itu, awalnya Gibran membantah kedatangannya tidak terkait dengan masalah politik. Tetapi, pada akhir pembicaraan, bos Markobar itu secara tersirat menyebutkan keinginannya untuk maju dalam bursa Pilwalkot Solo.

"Apapun kota Solo ini sebagai kota kecil tetapi dinamis sekali, apa yang sudah dikerjakan pak Rudy selama ini sudah sangat baik sekali. Dan membuat kota Solo semakin maju, tetapi ada sedikit masukan bahwa kota Solo butuh sentuhan anak muda. Itu saja," ungkap Gibran sembari tersenyum tipis.

Tetapi, saat ditanya lebih lanjut maksud pernyataan sentuhan anak muda, suami Selvi Ananda itu seolah mengalihkannya pada tema lain, yakni pemuda memiliki kreatifitas dan juga pemanfaatan teknologi yang ada.

"Sentuhan anak muda itu kreativitas anak muda, penggunaan teknologi, sosmed itu penting, itu saja. Kita tidak bicara politik, kalau (Pilwalkot) 2020 itu nanti saja," katanya.

Isyarat Gibran untuk maju dalam pilwalkot seolah dibenarkan oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. Bahkan secara terang-terangan, pria yang juga sebagai Ketua DPC PDIP Solo itu menyampaikan, Gibran juga sempat bertanya tentang mekanisme pencalonan.

"Tanya-tanya ya wajarlah, tanya tentang bagaimana mekanisme pencalonan dan sebagainya, ya saya beritahu. Tadi juga saya sampaikan mengenai peraturan partai, bahwa syarat pendaftaran harus menjadi anggota terlebih dahulu," ungkapnya.

Rudy memastikan partainya belum menutup pintu bagi calon lain untuk mendaftar di Pilwalkot Solo, 2020 mendatang. Bahkan, Rudy secara terang-terangan menyebut Gibran Rakabuming Raka dipersilakan untuk mendaftar jika memang berminat mencalonkan.

Meski memberikan peluang kepada Gibran, Rudy menambahkan, yang bersangkutan harus mendaftar terlebih dahulu sebagai kader PDIP.

"PDIP masih terbuka untuk calon lain, termasuk mas Gibran kalau mau mendaftar silakan. Tapi harus menjadi anggota dulu, akan ada tes," terang Rudy kepada Suara.com.

Selanjutnya, tambah dia, untuk keputusan nama yang mendapatkan rekomendasi maju dalam Pilwalkot Solo 2020 berada di tangan DPP. Dirinya hanya sebatas mengantarkan nama kader yang akan maju dalam Pilwalkot.

"Kalau saya hanya mengantar kader manapun yang ingin mendaftar. Nama itu dibawa kesana tanpa dikurangi dan ditambahi," katanya.

Rudy juga mengatakan, PDIP berhak melakukan penjaringan secara tertutup untuk mencari calon wali kota. Hal ini karena PDIP mendapatkan suara lebih dari 25 persen di kursi DPRD.

Untuk diketahui, nama putra sulung Jokowi memang sempat ramai di bursa Pilwalkot Solo. Itu terjadi setelah adanya survei yang dilakukan oleh kampus Unisri dan menempatkan Gibran menjadi sosok yang terpopuler.

Kontributor : Ari Purnomo

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS