Jenazah Berbaju Pengantin Membawa Boneka Barbie Bikin Merinding Ahli Waris

Chandra Iswinarno
Jenazah Berbaju Pengantin Membawa Boneka Barbie Bikin Merinding Ahli Waris
Petugas membongkar salah satu makam di Bong Mojo, Jebres, Solo, Rabu (23/10/2019). [Solopos.com/Disperum KPP]

Kejadian itu diketahui terjadi saat makam tersebut dibongkar dan dipindahkan pada Rabu (23/10/2019).

Suara.com - Pembongkaran Bong Mojo sisi timur Kawasan Jebres Kota Solo Jawa Tengah untuk pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kecamatan Jebres sempat membuat merinding ahli waris yang mengenal.

Lantaran, saat pembongkaran di salah satu kuburan ada salah satu jenazah yang mengenakan baju pengantin dan membawa serta boneka barbie perempuan yang juga mengenakan baju pengantin. Kejadian itu diketahui terjadi saat makam tersebut dibongkar dan dipindahkan pada Rabu (23/10/2019).

Kasi Permakaman Umum Bidang Kawasan Permukiman Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Solo Sawaras Budi Kusumo mengatakan hal tersebut dilakukan bersamaan saat pembongkaran dan pemindahan jenazah di hari pertama.

"Kemarin laporan benda berharga seperti perhiasan itu belum ada. Semuanya hanya jenazah yang kami angkat. Kecuali ada satu makam saya tidak tahu namanya, tetapi berjenis kelamin perempuan," jelas dia kepada Solopos.com-jaringan Suara.com pada Kamis (24/10/2019).

Meski begitu, pihaknya mengaku tidak menyimpan atau memisahkannya dari peti mati tersebut.

"Kami tidak menyimpan atau memisahkannya (dari jenazah), tetapi tetap kami masukkan ke dalam peti lagi untuk ikut direlokasi,” katanya.

Dikemukakan Sawaras, saat akan merelokasi tulang belulang yang masih mengenakan busana pengantin tersebut, ada ahli waris berusia lanjut yang langsung merinding. Lantaran mengingat boneka yang ikut dikuburkan merupakan benda kesayangan dan mendiang serta kerap dibawa ke mana-mana semasa hidup.

“Jadi saat pengangkatan itu orang yang sudah tua itu pada merinding. Bukan karena takut, tapi karena mereka langsung ingat benda dan pakaian yang digunakan. Mereka bilang 'eh itu kan boneka yang sering dibawa tacike pas masih hidup.' Dia sering bawa itu dulu,” kata Sawaras meniru kata-kata ahli waris.

Busana pengantin yang digunakan membungkus tulang belulang jenazah masih utuh meskipun kotor. Pada kain yang diangkat tersebut terdapat corak-corak busana pakaian khas pengantin.

“Jadi itu kan kelihatan coraknya walaupun samar karena kotor. Tidak hanya bonekanya, jenazahnya juga mengenakan pakaian pengantin,” katanya.

Untuk diketahui, upaya relokasi jenazah di Makam Mojo sisi timur, Jebres, Solo, dilakukan Pemkot Solo mulai Rabu (23/10/2019) setelah beberapa kali molor dari waktu yang dijadwalkan.

Seorang ahli waris jenazah, Yonathan Kusliyanto, mengaku menjadi ahli waris lima jenazah di Makam Mojo sisi timur. Masing-masing jenazah yang diangkat akan diperlakukan berbeda.

“Nanti yang dua akan dikremasi, dua lagi dimakamkan di TPU Untoroloyo, dan satu lagi itu cucu saya akan dipindahkan makamnya sama saya sendiri di Delingan. Yang dimakamkan di sini itu dari generasi cucu saya hingga mbahnya mbah saya,” katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS