Golkar Jateng Berharap DPP PDIP Rekomendasikan Gibran di Pilkada Solo

Chandra Iswinarno
Golkar Jateng Berharap DPP PDIP Rekomendasikan Gibran di Pilkada Solo
Putra pertama Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka berjalan menuju kediaman Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Kamis (24/10).[Suara.com/Angga Budhiyanto]

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Harian DPD Partai Golkar Jateng Iqbal Wibisono.

Suara.com - Langkah Putra Sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka yang mengajukan diri menjadi calon Wali Kota Solo melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendapat dukungan dari luar partai tersebut.

Dukungan tersebut disampaikan Partai Golkar Jawa Tengah (Jateng) yang berharap DPP PDIP memberikan rekomendasi kepada Gibran. Bahkan partai berlambang beringin tersebut berjanji, jika itu terjadi kemungkinan akan bergabung dengan PDIP pada Pilkada Solo.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Harian DPD Partai Golkar Jateng Iqbal Wibisono.

"Dalam politik semua kemungkinan bisa terjadi. Kami berharap rekomendasi ke Gibran tidak terlalu dekat dengan waktu pendaftaran calon di KPU," katanya saat dihubungi Solopos.com-jaringan Suara.com pada Rabu (6/11/2019) malam.

Iqbal juga mengakui pernah menyatakan siap mengusung Gibran bila terlempar dari perebutan rekomendasi Cawali Solo melalui PDIP.

Untuk diketahui, Golkar hanya memiliki tiga kursi di DPRD Solo siap menggalang dukungan parpol lain seperti Partai Gerindra, PAN, PKS, dan PSI. Dengan begitu syarat minimal sembilan kursi parlemen terpenuhi.

"Tapi kan nyatanya Gibran tetap menunggu keputusan resmi dari PDIP. Kami berharap dia mendapat rekomendasi itu. Bila yang direkomendasikan Gibran, kami akan minta petunjuk ke DPP Golkar harus bersikap seperti apa. Kalau internal Golkar sendiri kami belum melihat ke sana. Kami hanya tiga kursi kan di parlemen Solo," ucapnya.

Iqbal juga menyatakan akan terus membangun komunikasi politik dengan partai-partai lain. Tapi dia mengakui belum ada kesepakatan politik apa pun termasuk siapa figur yang akan diusung.

Disinggung nama Evandra RP Subagyo, Iqbal mengakui yang bersangkutan merupakan kader Golkar. Tapi dia tak bicara banyak tentang Evandra.

"Kalau saya sih belum. Tapi dia memang kader kami. Kemarin nyaleg," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS