Hingga Hari Ketiga Pendaftaran CPNS di Jateng Baru Mencapai 322 Orang

Chandra Iswinarno
Hingga Hari Ketiga Pendaftaran CPNS di Jateng Baru Mencapai 322 Orang
Loket penerimaan CPNS. [Antara]

Menurut Wisnu, biasanya lonjakan jumlah pendaftar CPNS terjadi pada pertengahan hingga akhir jadwal pendaftaran.

Suara.com - Memasuki hari ketiga pendaftaran seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) tercatat baru 322 orang yang mendaftar.

Pernyataan tersebut berdasarkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Tengah Wisnu Zaroh di Semarang pada Rabu (13/11/2019).

"Sampai hari ini, baru 322 pendaftar yang sudah masuk, terdiri dari 318 pendaftar untuk formasi umum dan empat dari formasi cumlaude. Itu data pagi pukul 08.00 WIB, mungkin saat ini sudah ada perkembangan," katanya seperti dilansir Antara.

Menurut Wisnu, biasanya lonjakan jumlah pendaftar CPNS terjadi pada pertengahan hingga akhir jadwal pendaftaran. Sehingga hal itu akan membuat peladen (server) terbebani dan potensi gagal dalam pengunggahan dokumen menjadi sangat mungkin terjadi.

"Kami ingatkan kepada masyarakat untuk sesegera mungkin mendaftarkan diri. Jangan tunggu sampai akhir, karena berhubungan dengan server," ujarnya.

Disinggung mengenai berbagai masalah yang terjadi dalam proses rekrutmen CPNS 2019, Wisnu mengungkapkan keluhan banyak terjadi terkait dengan persyaratan, padahal hal itu sudah disampaikan jauh-jauh hari, namun masyarakat masih banyak yang mempertanyakannya.

"Mayoritas soal persyaratan, misalnya tanya umur, apakah bisa usia 35 tahun lebih satu bulan ikut mendaftar. Jelas tidak boleh, karena persyaratan usia maksimal 35 tahun," katanya.

Terkait dengan proses verifikasi data pelamar, Wisnu menyebutkan bahwa hal itu akan dilakukan pada 14 November 2019, dimana nantinya bagi pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) pada seleksi administrasi akan diberikan waktu sanggah maksimal tiga hari pascapengumuman.

"Dan untuk menghindari terjadinya ketidakpuasan dalam putusan hasil seleksi administrasi yang diterbitkan instansi, instansi diberikan waktu maksimal tujuh hari untuk menjawab sanggahan tersebut," katanya.

Pelamar CPNS 2019 juga diimbau untuk mempersiapkan dokumen-dokumen dengan baik dan hanya mengunggah dokumen yang sesuai dengan persyaratan.

Orang nomor satu di jajaran BKD Jateng itu mengingatkan kepada calon pelamar untuk mewaspadai penipuan atau calo CPNS sebab dipastikan, semua proses rekrutmen CPNS dilakukan secara transparan, akuntabel, dan bebas biaya serta tidak ada yang melalui jalur dalam.

Wisnu menegaskan, tidak ada satupun yang bisa lolos tanpa mengikuti seleksi.

"Jika pelamar menemui masalah atau kurang memahami penjelasan yang tersedia, dipersilakan membuka kanal whatsapp chat di nomor 081327715785, telegram grup https://t.me/JTG19 dan call center 081327715786," ujarnya.

Pendaftaran CPNS 2019 di Jateng akan dilaksanakan pada 11-15 November 2019 dengan kuota sebanyak 1.409 CPNS.
Formasi rekrutmen CPNS tahun ini adalah 551 tenaga guru, 316 tenaga kesehatan, dan 542 tenaga teknis.

Selain formasi umum, terdapat pula formasi khusus pada penerimaan CPNS 2019 yang meliputi cumlaude 30 formasi dan disabilitas sebanyak 28 formasi.

Untuk total formasi CPNS seluruh kabupaten/kota se-Jateng, lanjut Wisnu, tahun ini terdapat kuota sebesar 13.590 formasi, dimana semua proses rekrutmen CPNS 2019 akan dilaksanakan secara "online". (Antara)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS