Klaim Miliki Hasil Survei Pilkada Solo, PDIP Jateng: Tidak Dibocorkan Dulu

Chandra Iswinarno
Klaim Miliki Hasil Survei Pilkada Solo, PDIP Jateng: Tidak Dibocorkan Dulu
Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto. [Instagram]

Menurut Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto, survei digelar secara internal partai di 21 kabupaten/kota yang berada di provinsi tersebut.

Suara.com - Jelang Pilkada serentak yang akan berlangsung 2020 mendatang, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Tengah (PDIP Jateng) melakukan survei internal untuk mengetahui elektabilitas calon yang akan diusung.

Menurut Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto, survei digelar secara internal partai di 21 kabupaten/kota yang berada di provinsi tersebut.

Menurut Bambang, hasil survei menunjukan rata-rata kader PDIP memiliki elektabilitas yang tinggi, terutama dari kalangan petahana atau incumbent.

"Untuk Kota Semarang dan Kabupaten Wonogiri, hasil surveinya sangat memuaskan. Ini enggak mendahului yang Di Atas, tapi berdasarkan hasil di lapangan," ujar Bambang seperti diberitakan Solopos.com-jaringan Suara.com di Kantor DPD PDIP Jateng Kota Semarang pada Kamis (12/12/2019).

Bambang menyebut Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, masih memiliki tingkat keterpilihan yang tinggi, jika merunut pada survei PDIP di ibu kota Jateng tersebut.

Begitu juga dengan Bupati Wonogiri Joko Sutopo yang memastikan kembali mencalonkan diri setelah mendaftar sebagai bakal calon (balon) kabupaten tersebut di Kantor DPD PDIP Jateng pada Kamis (12/12/2019) siang.

"Ini bukan jemawa ya. Bukan juga mendahului yang Di Atas. Tapi, sekali lagi kalau mau melawan mereka sulit, butuh mesin politik yang solid dan amunisi yang kuat," katanya.

Sementara itu saat ditanya soal survei elektabilitas pilkada di Kota Solo, Bambang mengaku, pihaknya sudah melakukannya. Namun, Bambang enggan menyebutkan hasil survei untuk Pilkada Solo.

"Untuk [hasil survei] Solo tidak dibocorkan dulu. Tapi pastinya sudah," ujar Bambang.

Untuk Pilkada 2020, tercatat ada tiga kandidat yang memperebutkan rekomendasi PDIP untuk maju sebagai calon wali kota (cawali) Kota Solo.

Ketiga orang tersebut, yakni Achmad Purnomo yang saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Solo, Iwan Triyanto yang memiliki latar belakang pengusaha dan Gibran Rakabuming Raka yang merupakan putra sulung Presiden Joko Widodo.

Sementara untuk calon wakil wali kota (cawawali) Solo, akan diperebutkan sembilan orang. Mereka adalah Teguh Prakoso yang mendaftar melalui DPC PDIP Kota Solo, Ginda Ferachtriawan, Aris Joko Saraswo, Purwono, Diah Warih Anjari, Edy Jasmanto, Razali Ismail, Angga Agus Saputro, dan Bambang Tri Antono.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS