Uji Coba KA Bandara Solo Dilakukan Hingga Akhir Pekan Ini

Chandra Iswinarno
Uji Coba KA Bandara Solo Dilakukan Hingga Akhir Pekan Ini
Uji coba jalur KA bandara menggunakan rangkaian KRD Rail Clinic saat melintas di Ngemplak, Boyolali, Kamis (26/12/2019). [Solopos]

Uji coba track tersebut menggunakan lokomotif dan rangkaian KDRE pada lintas Stasiun Kadipiro sampai Stasiun KA Bandara Adi Soemarmo.

SuaraJawaTengah.id - Untuk menstabilkan rel kereta api bandara yang menghubungkan Stasiun Solo Balapan dengan Bandara Adi Soemarmo Solo, khususnya jalur baru dari Stasiun Kadipiro, PT KAI melakukan uji coba dua kali perjalanan pergi pulang (PP) dalam sehari hingga Sabtu (28/12/2019).

Anggota Staf Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah Dheky Martin, mengatakan uji coba tersebut dimulai pada Rabu (25/12/2019). Dia mengemukakan rangkaian uji coba tersebut untuk memastikan kesiapan prasarana sebelum dioperasikan untuk publik.

“Iya, uji coba [KA bandara] dilaksanakan sampai Sabtu (28/12/2019), setiap hari dua kali PP,” ujarnya kepada Solopos.com-jaringan Suara.com pada Kamis (26/12/2019).

Dari video yang diunggah dalam akun Instagram Ditjen Perkeretaapian pada Rabu (25/12/2019), uji coba track tersebut menggunakan lokomotif dan rangkaian KDRE pada lintas Stasiun Kadipiro sampai Stasiun KA Bandara Adi Soemarmo.

Sementara, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta Eko Budiyanto, menyebut uji coba KA bandara ini bakal dilakukan sesering mungkin agar track kereta api lebih stabil.

“Rel kereta api itu semakin sering dilewati semakin bagus. Komponen trek kereta api itu banyak sehingga harus dipastikan apakah sudah laik untuk dilewati atau belum,” katanya.

Eko menambahkan, saat uji coba, kecepatan KA masih variatif, baik lambat maupun cepat.

“Kami uji coba sesering mungkin. Kalau soal peresmian, kami menunggu instruksi dari pusat,” jelasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS