Penerbangan Solo-Kunming Dihentikan, 174 Pelancong Asal China Dipulangkan

Chandra Iswinarno
Penerbangan Solo-Kunming Dihentikan, 174 Pelancong Asal China Dipulangkan
Bandara Adi Soemarmo Solo [Solopos.com]

Turis asing tersebut pulang menggunakan maskapai Citilink pada Rabu malam pukul 18.45 WIB. Dengan menggunakan pesawat jenis Airbus A320-251N.

SuaraJawaTengah.id - Turis asing asal China yang berwisata di kawasan Solo Raya dan Jogja dipulangkan melalui Bandara Internasional Adi Soemarmo pada Rabu (29/1/2020) malam.

Sebanyak 174 wisatawan asal China tersebut pulang lantaran pihak Manajemen Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo memutuskan untuk menghentikan sementara rute penerbangan Kunming-Solo. Langkah tersebut untuk mengantisipasi tersebarnya Virus Corona yang berasal dari Kota Wuhan, China.

Humas Bandara Internasional Adi Soemarmo Danardewi, mengatakan rute penerbangan carter tujuan wisata tersebut dioperasikan maskapai Citilink sepekan sekali. Seratusan turis asing asal China ini mendarat setiap Kamis pagi pada pekan sebelumnya.

“Iya dipulangkan. Ada sebanyak 174 penumpang [wisatawan asal China]. Mereka pulang malam ini,” ujarnya, seperti diberitakan Solopos.com-jaringan Suara.com pada Kamis (30/1/2020).

Turis asing tersebut pulang menggunakan maskapai Citilink pada Rabu malam pukul 18.45 WIB. Dengan menggunakan pesawat jenis Airbus A320-251N. Penerbangan tersebut dijadwalkan tiba di Kunming pada Kamis (30/1/2020) sekitar pukul 01.10 waktu setempat.

Dari pantauan Solopos.com, rombongan asal China tersebut tiba di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo menggunakan sejumlah bus sekitar pukul 16.22 WIB. Mereka membawa troli berisi koper dan sejumlah oleh-oleh.

Saat berada di bandara, rata-rata wisatawan tersebut sudah menggunakan masker ketika akan masuk bandara melalui terminal keberangkatan. Selain wisatawan asal China, petugas pengecekan tiket dan identitas juga tampak mengenakan masker saat memeriksa rombongan itu.

General Manager Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman mengaku belum mengetahui waktu penerbangan Solo–Kunming akan kembali dibuka.

Untuk diketahui, jarak Kunming di Provinsi Yunnan dengan Kota Wuhan di Provinsi Hubei cukup jauh. Jaraknya mencapai 1.561 kilometer atau sekitar 19 jam 28 menit menggunakan kendaraan darat atau 2 jam 20 menit lewat penerbangan langsung.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS