Isu Warga Kaliajir Positif Virus Corona, Pemkab Banjarnegara Pastikan Hoaks

Chandra Iswinarno
Isu Warga Kaliajir Positif Virus Corona, Pemkab Banjarnegara Pastikan Hoaks
Ilustrasi virus Corona Covid-19 - (Pixabay/geralt)

Kepalsuan informasi itu mudah terdeteksi dengan melihat alamat yang dicantumkan. Menurut Satam, tidak ada RW 05 di Desa Kaliajir seperti disebut akun itu.

SuaraJawaTengah.id - Warganet sempat digegerkan dengan kabar adanya warga Banjarnegara yang terinfeksi Virus Corona usai pulang dari luar negeri. Akun tersebut bahkan tak segan menyebut alamat pasien yang telah dirujuk ke RSUD Margono Soekarjo secara rinci, yakni di RT 5/Rw 5 Desa Kaliajir Kecamatan Purwanegara.

Tak ayal isu itu melahirkan kekhawatiran sebagian masyarakat di tengah teror global wabah Corona. Namun belakangan informasi itu disangkal oleh Sekretaris Desa Kaliajir Satam. Satam memastikan, informasi yang beredar luas di media sosial itu tidak benar alias hoaks.

Kepalsuan informasi itu mudah terdeteksi dengan melihat alamat yang dicantumkan. Menurut Satam, tidak ada RW 05 di Desa Kaliajir seperti disebut akun itu.

"Itu tidak jelas informasinya. Di sini tidak ada RW 05, adanya RW sampai 4," katanya.

Satam mengatakan, selain alamat yang tidak valid, informasi itu jelas bohong karena di desanya sampai saat ini tidak ada warga yang baru pulang dari luar negeri.

Informasi yang terlanjur tersebar ini pun membuat Dinas Kesehatan Banjarnegara turun tangan. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara Ery Rosita pun memastikan informasi itu hoaks.

Kepastian ini didapat setelah pihaknya mengonfirmasikan informasi itu ke otoritas RSUD Margono Purwokerto. Rumah sakit itu ternyata tidak menangani pasien suspect Corona dari Desa Kaliajir Banjarnegara seperti yang beredar di media sosial.

"Itu hoaks. RSUD Margono tidak terima pasien rujukan dari Kaliajir," katanya.

Ery mengatakan, berita bohong itu telah membuat panik dan resah masyarakat. Ia pun meminta masyarakat tidak gampang mempercayai informasi yang beredar di medsos, sebelum teruji kebenarannya. Ia pun meminta warganet berhenti membagikan informasi hoax itu karena akan menimbulkan keresahan warga.

Dikatakan lebih lanjut, sejumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) di negara penempatan yang positif Covid 19 memang ada yang pulang ke Banjarnegara. Tapi sejauh ini belum ada yang positif terinfeksi Corona. Rata-rata mereka dalam kondisi sehat.

Pihaknya juga memantau kesehatan mereka sesampai di kampung halaman untuk memastikan mereka tidak terjangkit virus mematikan. Namun ia tidak menampik salah satu pasien suspect Virus Corona di RSUD Margono memang berasal dari Banjarnegara.

"Yang pulang dari luar negeri kita selidiki, periksa kesehatannya," katanya.

Catatan Redaksi:

Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.

Kontributor : Khoirul

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS