Ironis! Pasien Meninggal di Parkiran Saat Tunggu Antrean di RUSD Jepara

Chandra Iswinarno
Ironis! Pasien Meninggal di Parkiran Saat Tunggu Antrean di RUSD Jepara
Ilustrasi rumah sakit. [Solopos.com]

Dalam kronologis yang ditulisnya, ia mengantarkan pasien dari rumah menuju Puskesmas Pakis Aji dan kemudian diberi rujukan ke Rumah Sakit Umum Jepara.

SuaraJawaTengah.id - Sebuah status di media sosial (medsos) Facebook menyoroti buruknya pelayanan medis di rumah sakit menjadi viral. Peristiwa itu terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jepara yang mengakibatkan salah satu pasien bernama Lukita, warga Desa Mambak Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara meninggal di tempat parkir.

Dalam status yang diunggah akun Facebook Abdul Rasyid yang dibagikan di Grup MIK Jepara Official, disebutkan bahwa peristiwa tersebut terjadi pada Senin (16/3/2020). Dalam kronologis yang ditulisnya, ia mengantarkan pasien dari rumah menuju Puskesmas Pakis Aji dan kemudian diberi rujukan ke Rumah Sakit Umum Jepara.

"30 menit sampailah kami di RSU begitu turun salah satu penumpang tak suruh turun dulu untuk minta "gledek" (ranjang rumah sakit). 'Pak, minta gledek', katanya ke salah satu petugas berbaju putih memakai masker. 'Gledek gledek opo wes orak ono' (Gledek gledek apa? sudah tidak ada) begitu jawab petugasnya.." tulisnya.

Mendapat jawaban tersebut, mereka terpaksa menunggu bersama pasien di dalam ambulans desa. Lantaran tak tega melihat cucu sang pasien, akhirnya salah satu di antara pengantar memberanikan diri dan meminta pertolongan kepada petugas untuk memeriksa pasien.

"Alhamdulillah petugas kesehatan datang meskipun hanya di dulek-dulek dada pasien dan masuk kembali tanpa keterangan apapun."

Berselang sekitar lima menit, mereka kemudian didatangi satpam dan didata untuk mendapat antrean dengan nomor urut 19. Pun mereka disuruh mendaftar di kantor. Namun, lantaran pasien belum mendapat ranjang, mereka pun menungg di parkiran UGD.

"Lalu kami didatangi pak satpam dan berkata 'Boleh menunggu tapi tidak boleh parkir di sini.' Akhirnya, kami pun membawa pasien ke tempat parkir karena pasien memang sudah tidak mungkin untuk diturunkan dari ambulans.'

Namun setelah menunggu selama dua jam di tempat parkir, sang pasien sudah mengembuskan napas terakhir tanpa mendapat pertolongan apa pun.

"Sekitar 2 jam kami menunggu di parkiran hingga pasien akhirnya meninggal tanpa penanganan apapun dari petugas kesehatan. 'Nangis hati ini ya Allah.....' kami maaaarah kepada pihak rumah sakit dan tak satu pun yang menjawab apalagi bertanggung jawab.."

"Kami hanya ingin di kemudian hari tidak ada Mbah Lukita Lukita yang lain yang di perlakukan seperti ini, kemana kami harus mengadu selain kepadamu ya Robb.."

Unggahan tersebut diketahui telah dibagikan sebanyak 4.493 kali sejak kali pertama diunggah dalam Grup FB MIK Jepara Official.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS